//
you're reading...
Uncategorized

Cara menginstal jaringan internet


Menginstal jaringan Intranet dan internet pada hakekatnya adalah jaringan komputer pada tingkatan WAN. Gambar di bawah ini mungkin bisa memberi gambaran agak jelas mengenai perbedaan keduanya. Dari gambar terlihat bahwa intranet lebih pada hubungan antar komputer yang bersifat private network, tidak sembarang orang bisa mengaksesnya bahkan bisa jadi tidak terhubung dengan jaringan luar (internet). Intranet biasa digunakan pada perusahaan – perusahaan besar yang membutuhkan keamanan dan privasi yang tinggi, seperti perusahaan–perusahaan bank. Aplikasi–aplikasi yang biasa dijumpai di internet juga bisa diadakan pada intranet asalkan menyediakan server.

 

 

Gambar Jaringan intranet dan internet

Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan Internet yang juga merupakan gabungan dari tiga jenis jaringan diatas (LAN, MAN, WAN) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung – secara langsung maupun tidak langsung – ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan alamat unik yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit, contoh: 202.155.4.230.

Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Internet merupakan public network, siapa saja bisa menyambungkan komputernya pada internet asal mengikuti aturan – aturan yang telah ditetapkan bersama. Saat ini jaringan internet telah melingkupi hampir seluruh dunia. Aplikasi yang ditawarkan diantaranya adalah web (HTTP), email (POP & SMTP), chat, FTP, Telnet, dll. Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet dikeluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet.

Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address,

nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.

B. Instalasi Internet Dial Up

Langkah-langkahnya adalah :

1. Klik Start à Programs à Accessories à Communications à New Connection Wizard, selanjutnya akan muncul gambar di bawah ini, lalu klik Next

2. Setelah itu akan muncul gambar network connection type, lalu pilih “connect to the internet” lalu klik next.

3. Setelah itu akan muncul gambar Getting Ready, lalu pilih “set up my connection manually” lalu klik next

4. Setelah itu akan muncul gambar Internet connection, lalu pilih “Connect Using Dial-Up Modem” lalu klik next.

5. Setelah itu akan muncul gambar connection name, lalu isikan pada kolom ISP name “misalnya; telkomnet” lalu klik next.

6. Setelah itu akan muncul gambar Phone Number to Dial, lalu isikan pada kolom Phone Number “080989999” lalu klik next

7. Setelah itu akan muncul gambar Internet Account Information, lalu isikan pada kolom

a. Username : Telkomnet@instan

b. Password : Telkom

c. Confirm Password : Telkom

lalu klik next

8. Setelah itu akan muncul gambar Completing The New Connection Wizard, lalu klik Finish.

C. Cara Menjalankan Internet Dial Up Telkomnet Instan

1. Masukan line telepon pada modem yang ada di komputer kita, selanjutnya pada Desktop terdapat ikon telkomnet yang kita buat pada proses instalasi internet, klik dua kali ikon tersebut.

Ikon Telkomnet

 

 

2. Lalu akan muncul gambar Conect Internet, lalu isikan pada kolom password dengan “telkom”, lalu tekal Dial

3. Tunggu beberapa saat sampai proses verifikasi diterima dan bisa digunakan.

4. Silakan bermain internet sepuasnya jangan lupa ingat sholat dan makan..

menginstal jaringan

menginstal jaringan

menginstal jaringan

Sumber: Modul IK AMIK Al Ma’soem Bandung

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,644 hits
%d bloggers like this: