//
you're reading...
Wordpress

Plugin WordPress yang Wajib di Install


Salah satu kenggulan wordpress self hosting adalah kemampuannya untuk dipasang plugin yang dapat mempermudah urusan blogging. Dengan penambahan plugin ini, kita bisa melakukan berbagai macam hal, mulai dari pengamanan, perawatan dan juga urusan dengan mesin pencari.
Berikut adalah beberapa plugin wordpress wajib install.

  1. Akismet.
    Plugin ini secara default sudah disertakan dalam instalasi wordpress, hanya saja belum diaktifkan. Untuk mengaktifkan akismet, teman-teman memerlukan Akismet API Key yang bisa didapatkan secara gratis di http://akismet.com/wordpress/.
    Akismet ini berfungsi untuk menangkal serangan spam yang menyerang melalui komentar.
  2. All In One SEO Pack
    Plugin ini membantu kita untuk optimalisasi SEO, sehingga blog kita lebih mudah untuk ditemukan melalui mesin pencari. All In One SEO Pack ini memberikan pengaturan yang lengkap, mulai dari META Titles, Deskripsi, Keyword untuk setiap halaman dan masih banyak lagi yang semua bisa didapat dari satu plugin saja.
  3. Google XML Sitemaps
    Dengan menggunakan plugin ini, kita bisa membuat sitemap yang bisa dengan mudah dibaca oleh search engine. Dengan begitu, mesin pencati dapat dengan mudah menelusuri blog yang kita miliki.
  4. Contact Form 7
    Dengan menggunakan plugin ini, kita bisa membuat contact form dengan mudah. Contact form ini sebenarnya sangat penting sebagai salah satu media interaksi antara pembaca dengan pemilik blog.
    Berbeda bila interaksi dilakukan dengan kolom komentar, selain terkesan kurang baik, terutama bila hal yang ingin dibicarakan termasuk hal “pribadi” dan bukan konsumsi publik, ada kemungkinan pesan yang disampaikan lewat kolom komentar tidak sempat dibaca oleh pemilik blog.
  5. Exploit Scanner
    Plugin ini sangat berguna, terutama bagi teman-teman yang senang mencari thema maupun plugin wordpres dari ranah “abu-abu” dunia maya. Dengan plugin exploit scanner ini bisa mencari kode-kode yang mencurigakan baik pada file maupun dalam database wordpress kita.
    Yang perlu diingat adalah plugin ini tidak memperbaiki apapun, melainkan hanya sekedar memperingatkan saja.
  6. WP-Optimize
    Seperti namanya, plugin ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan blog wordpress yang kita miliki.
    Plugin ini bisa digunakan untuk menghapus revisi posting, auto draft yang secara otomatis terbuat saat melakukan pengeditan maupun penulisan artikel, membersihkan komentar dan mengoptimalkan database, sehingga lebih bisa menghemat besaran database.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 329,093 hits
%d bloggers like this: