//
you're reading...
Uncategorized

Makanan yang harus dihindari saat hamil


Makanan yang harus dihindari saat hamil –Banyak makanan yang tidak wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan sebagian mitos itu bisa dibenarkan. Karena makanan yang dilarang ini akan menyebabkan dampak buruk bagi kehamilan dan bayi di dalam nya.

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil memang tidak baik untuk dikonsumsi. Banyak hal buruk yang akan terjadi nantinya. Serta kesehatan bayi pun akan menjadi taruhannya. Tentu itu tak mau terjadi pada kita kan? Menjadi ibu-ibu yang siap hamil, juga berarti menjadi ibu yang siap akan pantangan makanan apa saja yang tidak sebaiknya dikonsumsi saat hamil.

Banyak mitos yang mengatakan makanan ini dan itu tidak boleh dikonsumsi karena akan menyebabkan keguguran atau lain sebagainya. Mungkin beberapa makanan tersebut benar adanya, namun ada beberapa makanan di bawah ini yang memang sudah teruji secara medis sangat berbahaya bagi ibu hamil. Dan jangan sekali-kali bagi ibu hamil untuk mencobanya.

makanan yang harus dihindari saat hamil Makanan yang harus dihindari saat hamil

Makanan yang harus dihindari saat hamil

  • Daging mentah atau ikan mentah. Restoran jepang biasa menyajikan makanan ini. Tampak memang sangat enak sushi ini. Namun, saat kita hamil hentikan dulu mengkonsumsinya. Karena daging dan ikan mentah ini mengandung bakteri berbahaya seperti toxoplasma dan salmonella.
  • Ikan bermerkuri. Sangat sulit membedakan mana ikan yang bermerkuri dan mana yang tidak. Namun, ikan bermerkuri ini banyak terdapat pada makanan kaleng. Jadi, jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi ikan ini.
  • Telur mentah atau setengah matang. Bakteri salmonella banyak terdapat dalam telur mentah ini. Dan sangat berbahaya bagi kandungan. Makanan seperti salad dressing, mayonaise, custard ataupun cream kue, semua mengandung telur yang belum matang, sebaiknya dihindari.
  • Soft cheese. Keju impor ini teridentifikasi bakteri yang dinamakan listeria. Bakteri ini sangat buruk bagi kandungan, karena akan memicu terjadinya pendarahan atau bahkan keguguran. Bakteri ini selain terdapat pada keju, juga banyak terdapat pada susu non-pasteurisasi.
  • Kafein. Ternyata kafein juga tidak baik bagi wanita hamil, karena berpengaruh menyebabkan keguguran pada bulan ketiga kehamilan. Kandungan diuretic nya akan membuat tubuh menjadi lemah, mudah dehidrasi dan kekurangan kalsium.
  • Alkohol. Tak hanya wanita hamil, yang normal pun tidak dianjurkan mengkonsumsi alkohol ini. Karena alkohol ini akan merusak ginjal dan jantung manusia serta akan merusak sistem syaraf. Bagi ibu hamil dan menyusui, alkohol ini akan menyebabkan gangguan mental pada bayi dan gangguan kehamilan lainnya.
  • Sayuran mentah. Di dalam sayur mentah masih terdapat sisa pestisida yang menempel. Selain itu, toxoplasma berkembang didalamnya. Jadi, alangkah baiknya bila mengkonsumsi sayuran yang benar-benar sudah matang.

Bagi para ibu hamil, harus lah berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Karena dengan memilih makanan yang sehat bagi kesehatan masa kehamilan juga akan menekan angka kematian bayi dan ibu saat melahirkan.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: