//
you're reading...
Kesehatan

Mengatasi Insomnia


INSOMNIA dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini dapat di akibatkan karena banyak faktor penyebab, diantaranya yang paling umum adalah akibat dari Stresdan kecemasan yang berlebihan.Mengonsumsi obat tidur untuk mengatasi insomnia memang sering menjadi pilihan. Namun hal itu sangatlah tidak dianjurkan, salah satu alasannya karena hal tersebut dikawatirkan akan membuat kita menjadi ketergantungan terhadap obat tidur.

Cara mengatasi Insomnia

insomnia 150x150 Mengatasi InsomniaInsomnia (Google)

Selain mengonsumsi obat tidur, untuk mengatasi insomnia dapat pula diatasi dengan mencoba cara-cara sederhana yang relatif  lebih aman dari pada mengonsumsi obat, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat Anda coba.

Hindari menonton televisi hingga larut malam

Tontonan di telivisi justru menstimulasi daya pikir kita, hal ini akan membuat kita sulit untuk mengistirahatkan otak. Sebaiknya batasi waktu untuk  menonton televisi di malam hari.

Mengatur waktu makan

Perut yang lapar terkadang akan membuat kita menjadi sulit tidur, namun anda juga harus mengusahakan untuk tidak makan minimal satu jam sebelum waktu tidur, karena makanan yang masuk akan langsung diolah oleh tubuh dan menyebabkan Anda tetap terbangun. Oleh karena itu, usahakanlah untuk mengatur jadwal makan Anda dengan lebih bijak.

Redupkan lampu

Pastikan lampu kamar telah diredupkan ketika Anda telah berniat akan tidur. Usahakan untuk meredupkannya satu jam sebelum waktu tidur.

Selesaikan pekerjaan

Pekerjaan yang rumit ditempat kerja terkadang akan berpotensi menimbulkan insomnia. Oleh karena itu usahakanlah untuk menyelesaikan pekerjaan semaksimal mungkin dengan tidak mengganggu jadwal istirahat Anda.

Ketika menjelang tidur, terkadang kita akan teringat hal-hal yang terkait dengan pekerjaan kita. Untuk mengatasi ini, luangkan waktu sejenak untuk mencatat beberapa strategi untuk menuntaskan pekerjaan itu. Setelah dicatat, lupakan semua pekerjaan Anda dan berkonsentrasilah untuk tidur.

Rileks

Ketika berbaring di atas ranjang, tutup mata dan rilekskan setiap bagian tubuh Anda. Bernapaslah dalam-dalam dan fokuskan otot untuk rileks makin jauh. Jernihkan pikiran dan coba untuk tidak berpikir yang berat-berat. Bila anda merupakan kaum muslim, Anda dapat mencoba dengan menenangkan diri sembari berdzikir.

Semoga dengan menerapkan tips diatas akan membuat anda terhindar dari insomnia atau penyakit sulit tidur.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,644 hits
%d bloggers like this: