//
you're reading...
Linux

Kriteria Laptop / Notebook yang cocok untuk Linux Desktop


Didunia OS siapa sih yang gak tahu linux????

Kini Linux sudah banyak dipakai sebagai OS yang digandrungi Open Soucer dan mendapatkan tempat di hati para pengguna Notebook atau Laptop.Banyak alasan yang keluar jika ditanya “mengapa pake linux” kalau aku jawab itu kira-kira begini ” karna linux itu OS yang paling tidak nyaman di pakai jika blm tahu hee…tapi lo sudah tahu linux itu pacar saya  :)…” yah banyak alasan yang dikemukankan oleh pengguna linux  Mulai dari masalah seperti lisensi yang gratis sampai memang karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Linux. Bahkan ada yang beralih ke Linux karena memang sudah bosan dengan tampilan OS yang lama maupun karena sudah bosan sering-sering install ulang 🙂

Untuk itu disini saya mencoba memaparkan spesifikasi Laptop / Notebook yang sesuai dan sudah memiliki hardware yang memang sudah dikenali secara baik oleh linux Desktop saat ini dan rata-rata semua jenis laptop sudah support. Disini saya tidak menyebutkan Merk nya, tapi Anda bisa mengenalinya dari spesifikasi hardwarenya. Ini saya tulis secara garis besar saja berdasarkan pengalaman saya sendiri :

1. Untuk Processor
Baik Intel dan AMD saat ini sudah dikenali dengan baik semua teknologi yang ada di Linux yang sedang poluler saat ini.

2. Untuk Chipshet Video
Semua chipshet video yang ada saat ini sudah bisa menjalankan linux dengan tampilan grafis standart. Untuk 3D minimal chipset nya adalah dari Intel. Mulai dari Intel945 sampai X1300. Chipset ini sudah langsung running 3D nya untuk menjalankan Compiz Fuzion di Linux.
Untuk menjalankan 3D yang lebih berat silahkan memilih chipset keluaran dari NVidia maupun dari ATi dan kalau bisa memory video nya dedicated (tidak share dari RAM). Kedua Chipset ini membutuhkan driver tersendiri di Linux.

3. Untuk Chipset Wifi
Disini Intel tetap jadi juara dalam pengenalan harware secara langsung di Linux. Untuk chipset lain seperti Broadcom maupun Atheros membutuhkan driver tersendiri juga di linux, bisa juga menggunakan ndiswrapper linux.

4. Harddisk.
Saya rasa hardisk sudah dikenali dengan baik oleh linux baik itu IDE maupun SATA.

5. Network Card
Semua chipset Network Card Laptop saat ini juga sudah dikenali dengan baik oleh linux.

6. Webcam / Camera
Ini yang masih agak sulit. Karena baru beberapa vendor saja yang mengelurkan driver untuk linux, itu juga instalasinya secara manual. Chipset Webcam yang sudah dapat berjalan di linux dengan driver tersendiri yang saya tahu baru milik Acer dan chipset microdia.

7. Modem Internal
Sebagian besar sudah dikenali oleh linux saat ini. Kalau yang tidak terdeteksi mungkin memang memerlukan driver khusus.

Secara garis besar itu saja yang dapat saya review mengenai spesifikasi laptop atau notebook yang baik untuk menjalankan Linux. Hal ini berbeda dengan UMPC saat ini yang memang sudah include OS Linux didalamnya, tentunya semua hardware sudah berjalan dengan baik.

 

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

One thought on “Kriteria Laptop / Notebook yang cocok untuk Linux Desktop

  1. Like linux deh pkoknya..

    Posted by Swandana.com | January 25, 2014, 7:28 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 346,814 hits
%d bloggers like this: