//
you're reading...
Tips Komputer, Uncategorized

Dropbox: Solusi Pengganti Flash Disk


Hampir setiap orang sekarang memiliki USB Flash Disk. Alat kecil tersebut sudah termasuk barang murah sekarang, namun bisa menampung beribu-ribu file dan dokumen. Ukurannya yang sangat kecil membuat mudah untuk dibawa. Kalo butuh file, tinggal colokan saja USB Flash Disk ke komputer, dan pakai filenya.

Namun, namanya manusia, terkadang juga suka lupa (contohnya seperti saya :P). Terlebih, kalau teledor, USB tersebut pasti suka hilang. Bagaimana solusinya?

Dropbox, ini sepertinya sebuah solusi yang tepat. Dropbox adalah fasilitas di mana kita memiliki kapasitas simpanan sebesar 2GB secara gratis di internet. Ya, gratis, dapat 2GB pula. 2GB saya rasa cukup untuk kebanyakan orang. Kita bisa menambah kapasitas hingga 50GB (sebesar harddisk) dengan membayar $10 per bulan, 100GB bayar $20 per bulan.

Kita hanya perlu buka www.dropbox.com. Kita bisa upload file dari komputer kita dengan mudah. Kalo misalkan kita sedang di kantor atau kampus, dan kita butuh file tersebut, kita tinggal log in ke dropbox, dan download file tersebut dengan mudah.

Mudah kan? Jadi daripada kita bawa USB flash disk ke mana-mana, kita tinggal upload saja file kita, lalu download di manapun kita butuhkan. Gratis pula.

Lebih dari itu, Dropbox juga menyediakan aplikasi untuk di download untuk Mac, Linux, and Windows, dan juga Mobile devices (Blackberry, Android, dan iOS). Nah, saya baru coba untuk yang Mac dan untuk iPad. Untuk operating system yang lain, saya belum coba.

Aplikasi ini sangat berguna. Jadi kita tinggal download, install, dan kemudian nanti ada akan satu folder baru bertuliskan dropbox. Jadi, kita tinggal copy-paste atau pindahkan file ke folder Dropbox tersebut, dan otomatis file tersebut akan ter-upload ke Dropbox kita. Mudah bukan?

Ini juga berguna untuk blackberry, ipad, iphone, dan andorid. Apalagi seperti iphone dan iPad yang tidak bisa dicolokin USB, kita tinggal download file, menggunakan Apps maupun membuka website dropbox.

12914606081818914524

Foto pertama menunjukkan user interface Apps Dropbox di iPad. Kita bisa memilih file mana yang ingin didownload. Setelah dipilih, maka akan terdownload, seperti gambar kedua. Nah, kita lalu  bisa membuka file tersebut di Apps lain yang mendukung. Seperti contoh, file .doc tersebut bisa dibuka di Pages, untuk kemudian di edit, bahkan di print. Tidak jauh berbeda dengan yang untuk Blackberry, sayangnya saya tidak bisa screen capture dari blackberry, namun kurang lebih sama.

Nah, bagaimana dengan upload dari iPad? Sayangnya kita hanya bisa photos dari Apps dropbox. Namun, dari Apps GoodReader, kita bisa upload dokumen yg ada di iPad kita ke Dropbox. Dan juga sebaliknya, kita bisa langsung download dari dropbox menggunakan apps GoodReader.

Kemudian, dengan bantuan http://www.gethabilis.com/, kita bisa mendapatkan personal email address, yang di mana file yg ter-attached dari email yg dikirim ke personal email address kita tadi, akan langsung ter upload ke dropbox kita. Mudah kan? Ini bisa digunakan untuk upload file dari iPad kita juga. Misalkan file yg kita buat di Pages, kita send by email ke alamat tadi, dan lgsg akan ada di dropbox kita. Anda juga bisa kirim alamat email ini ke orang lain yang perlu kirim file ke anda.
Bagaimana, apakah anda tertarik? namun, satu syarat penting, kita harus terkoneksi ke internet. Ini lah satu kekurangannya, di mana USB Flash Disk bisa digunakan tanpa internet, Dropbox memerlukan sambungan internet. Namun menurut saya, sekarang ini koneksi internet sudah mulai mudah didapatkan.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua.

Source : http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2010/12/04/dropbox-solusi-pengganti-flash-disk/

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 349,231 hits
%d bloggers like this: