//
you're reading...
Teknologi

Aplikasi Bisa Jalankan Ubuntu dari Ponsel Android


KOMPAS.com – Canonical, perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Linux Ubuntu, memperkenalkan sebuah inovasi terbaru yang diberi nama “Ubuntu for Android”, pada Selasa (21/2/2012).

Inovasi ini berupa aplikasi yang didesain untuk membawa lingkungan OS Ubuntu lewat smartphone Android.  Ubuntu for Android hanyalah sebuah aplikasi atau add-on. Jadi, OS Ubuntu tidak ter-install di dalam smartphone Android Anda.

“Ubuntu for Android” baru aktif jika smartphone Android ditancapkan pada sebuah dock khusus. Dock ini akan dihubungkan dengan monitor, keyboard, dan mouse. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan OS Ubuntu di lingkungan komputer desktop, tanpa harus memiliki perangkat komputer.

Jadi, semua aktivitas komputasi tersebut ditenagai oleh smartphone Android pengguna.

Dengan solusi ini, pengguna tetap bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Android dan mengakses data-datanya.

Saat smartphone itu dicabut dari dock, maka ia akan kembali menjadi smartphone Android. Konsep Ubuntu for Android ini mirip dengan fitur docking Motorola Atrix pada platform WebTop.

Pendiri Canonical Mark Shuttleworth menulis di blog resmi Ubuntu menyatakan bahwa pengguna produk ini dapat mengakses OS Ubuntu beserta aplikasi populer yang telah dibawa dalam Ubuntu for Android, seperti aplikasi office, multimedia, web browsing, dan juga email.

Ubuntu for Android juga mampu menggunakan konektivitas smartphone Android, termasuk jaringan 3G dan 4G. Hal ini memungkinkan karena Android dan Ubuntu menggunakan kernel yang sama, yakni Linux.

Namun perlu diketahui, ini hanya bisa dilakukan oleh smartphone Android yang menggunakan prosesor dual-core berarsitektur ARM. Dan belum diketahui secara pasti dock macam apa yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi Ubuntu di smartphone Android.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 349,225 hits
%d bloggers like this: