//
you're reading...
Kesehatan

Tips Jitu Mengatasi Insomnia (Susah tidur)


REPUBLIKA.CO.ID,Di Amerika Serikat, gangguan dan kelainan tidur sudah dianggap sebagai masalah serius. Bahkan, Departemen Kesehatan Masyarakat di sana memiliki pusat penelitian kelainan tidur yang disebut National Center on Sleep Disorders Research (NCSDR). Berikut beberapa tips bagi penderita insomnia yang dianjurkan oleh NCSDR:

* Cobalah untuk selalu tidur pada jam yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Ini akan membantu Anda menyetel bioritmik tubuh Anda. Usahakan untuk tidak tidur pada siang hari, karena ini membuat Anda kurang mengantuk pada malam hari.

* Makin mendekati waktu tidur, hindari konsumsi nikotin, alkohol, dan kafein. Zat kimia yang merangsang seperti nikotin dan kafein bisa mencegah datangnya rasa kantuk. Sedangkan alkohol bisa membuat Anda terbangun di tengah malam. Ini dapat mengurangi kualitas tidur Anda.

* Cobalah untuk berolahraga secara teratur. Namun, jangan berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur Anda, karena hal ini justru dapat merangsang kinerja tubuh dan membuat Anda malah bersemangat menjelang tidur. Para ahli menyarankan untuk memberi jarak setidaknya tiga jam antara olahraga dengan jam tidur Anda.

* Jangan menyantap makanan yang terlalu ‘berat’ menjelang tidur. Sebaliknya, sedikit camilan sebelum tidur malah akan membantu Anda merasa mengantuk.

* Aturlah suasana tidur Anda senyaman mungkin. Pastikan suasananya mendukung tuntutan tubuh Anda. Jika Anda bermasalah dengan cahaya, redupkan lampunya. Jika suhu terlalu panas, maka gunakan kipas angin, dan seterusnya sampai Anda menemukan suasana yang paling nyaman.

* Hindari penggunaan tempat tidur untuk kegiatan lain, di luar tidur dan berhubungan intim dengan suami atau istri Anda. Misalnya, bekerja atau makan di atas tempat tidur. Dikhawatirkan aktivitas lain yang Anda lakukan sebelumnya di atas tempat tidur akan mengingatkan Anda pada berbagai aktivitas lain yang belum Anda kerjakan.

* Carilah rutinitas yang dapat membantu Anda merasa tenang dan rileks sebelum tidur, seperti mendengar musik atau membaca buku.

* Jika Anda tidak tetap tidak bisa tidur atau bahkan tidak merasa mengantuk, bangunlah dan kerjakan aktivitas lain. Tapi usahakan, aktivitas lain itu tidak terlalu merangsang semangat. Lakukan aktivitas itu sampai Anda merasa mengantuk.

* Jika Anda sering terjaga dari tidur dan mengkhawatirkan tentang hal-hal kecil, cobalah untuk membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan, sebelum tidur. Ini akan membantu Anda melepaskan rasa resah tersebut.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: