//
you're reading...
Uncategorized

Tips Mengisi aktifitas saat Liburan / Libur


Tanpa terasa masa perkuliahan selama satu semester telah kita lewati. Setelah jenuh dengan berbagai aktifitas di kampus baik itu lapres, kuis, sampai UAS sekalipun, inilah saatnya kita menikmati masa liburan sekitar sebulan penuh. Liburan senantiasa ditunggu-tunggu untuk menghilangkan kepenatan pikiran dikarenakan tuntutan tugas dan kewajiban yang diemban oleh setiap orang.

Sudahkah kalian membuat rencana liburan ? Disini akan diulas sedikit tips untuk mengisi liburan agar tetap bermanfaat.

Berkumpul dengan orang-orang dekat. Hari libur adalah kesempatan yang paling tepat untuk bertemu dengan orang-orang yang dekat di hati anda, seperti keluarga, kekasih atau sahabat. Hal ini pasti telah ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa perantauan. Untuk itu lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama mereka, seperti memasak, berkebun, atau sekedar berbincang-bincang ringan. Hal ini terbukti mampu meredam stres akibat rutinitas anda.

 

Membaca. Cobalah anda membaca bacaan atau buku-buku yang ringan dan berguna seperti buku-buku psikologi dapat menambah kekayaan batin anda. Kalau perlu carilah buku-buku yang berkaitan dengan hobi anda seperti buku tentang berkebun, karya sastra (novel), memancing, filateli, seni musik, dan sebagainya. Lakukan dengan santai tanpa membuat kening anda berkerut.

 

Mengikuti lomba. Inilah yang bisa disebut liburan prestatif karena mengisi liburan dengan mengikuti lomba-lomba seperti membuat essay, karya tulis, sampai lomba entrepreneurship. Selain bisa menambah uang jajan dan meraih penghargaan jika kita menang, disini kita bisa menambah pengalaman.

Dan yang paling penting adalah mengisi liburan ke suatu objek wisata. Liburan ini bisa berupa menjadi peserta out bound, berkemah dan panjat tebing suatu gunung. Berlibur, apalagi ke alam terbuka, itu cenderung akan menjadikan tubuh sehat. Ada kesegaran baru dalam otak atau pemikiran seseorang, bilamana kegiatan berlibur itu dilakukan secara proposional.

Tetapi yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah menjaga badan agar tetap sehat. Ini penting dan paling mendasar, karena liburan ke mana pun jika badan kita tidak sehat liburan tidak akan menyenangkan. Menentukan tempat tujuan wisata atau tempat liburan, artinya kita harus merencanakan terlebih dahulu mau ke mana liburan yang diinginkan.

Perhatikan budget atau anggaran yang dimiliki, karena budget juga berpengaruh terhadap anggaran yang dikeluarkan. Semakin bagus dan mahal tempat wisata, maka budget yang harus disiapkan semakin besar pula. Cari tempat wisata terbaru dan unik jika kita merasa bosan dengan tempat rekreasi yang itu-itu saja. Mempersiapkan rencana perjalanan seperti melakukan riset dengan baik mengenai penginapan (apabila liburan lebih dari satu hari), transportasi dan tempat makan murah. Dan juga tempat tujuan wisata.
Bawa alat dokumentasi liburan, karena liburan kurang lengkap rasanya jika tidak ada dokumentasi. Bawalah kamera DSLR yang bisa digunakan untuk hunting gambar yang menarik atau camera pocket. Atau yang paling sederhana adalah kamera handphone. Kunjungi tempat liburan yang menyenangkan dan juga edukatif.

Menurut Linda Hoopes dan John Lounsbury, peneliti Departemen Psikologi Universitas Tennessee mensurvey 128 pegawai sebelum dan sesudah liburan. Mereka menemukan ada suatu peningkatan dalam kepuasan hidup setelah liburan. Maka itu, nikmatilah liburan ini dengan sebaik-baiknya untuk menatap semester depan yang lebih BAIK !!!

Sumber : http://www.himatekk-its.com/berita-umum/244-tips-mengisi-liburan.html

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,775 hits
%d bloggers like this: