//
you're reading...
Info

Batu Nisan Modern yang Interaktif


Batu nisan dengan QR Code
Foto : Dailymail.co.uk
​Ghiboo.com – Sebuah tempat pemakaman di Inggris yang dikelola oleh Chester Pearce Associates mulai mengadopsi salah satu teknologi modern, QR Code.

 
Sekedar informasi, QR Code merupakan kode dua dimensi yang mudah dibaca oleh pemindai (scanner) untuk menyampaikan informasi secara cepat. QR sendiri merupakan singkatan dari Quick Response.
 
Beberapa perusahaan telah menggunakan QR Code sebagai bagian dari program promosinya. Anda tentu sering menemui QR Code terpajang di tempat-tempat umum seperti mal.
 
Jika QR Code di-scan menggunakan smartphone atau tablet, segala informasi terkait iklan atau produk yang bersangkutan langsung hadir di perangkat Anda. Biasanya, setelah memindai QR Code, pengguna akan dibawa ke sebuah website tertentu.
 
Nah, inilah yang coba digunakan di pemakaman tersebut. QR Code ini nantinya akan dipajang di batu nisan. Saat pengunjung memindainya dengan smartphone, sebuah situs bernama QR Memories yang berisi foto dan biografi orang yang meninggal tersebut akan muncul.
 
Setiap QR Code berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 1,5 inci. Umumnya, kode ini diukir pada granit atau logam, dan diletakkan di batu nisan maupun lokasi lainnya untuk mengenang almarhum.
 
Situs yang muncul pada smartphone pun bersifat interaktif dan mudah di-update. Keluarga dari orang yang dimakamkan bisa menambahkan foto-foto dan informasi lainnya yang dirasa perlu untuk dipublikasikan.
 
Harga sebuah QR Code ini ternyata cukup lumayan, yakni sekitar US$475 (Rp 4,5 juta), tergantung dari material yang digunakan, ditambah US$150 (Rp 1,4 juta) untuk biaya hosting tanpa batas, administrasi, dan pembuatan website.
Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 354,897 hits
%d bloggers like this: