//
you're reading...
Hardware, Info, Tips Komputer

Kebersihan, Kunci Performa PC Tetap Maksimal


Ilustrasi
Foto : jrmwebspace.com
Ghiboo.com – ​Apa yang Anda lakukan untuk menjaga agar performa PC tetap maksimal? Menghapus berbagai program tak berguna yang memberatkan PC Anda? Melakukan defragmentation pada hard disk? Atau menggunakan program semacam Tune Up Utilities?

Ya, tak ada yang salah dari beberapa cara yang disebutkan di atas. Namun ada satu hal yang terkadang luput dari perhatian para pengguna PC di kantor maupun di rumah, yaitu kebersihan.

Kebersihan yang dimaksud adalah kebersihan dalam arti sesungguhnya, bukan bersih dari virus, malware, maupun program jahat lainnya.

Yang harus Anda ketahui, satu musuh utama dari para pengguna PC adalah debu. Mengapa demikian? Karena debu dapat menumpuk di dalam hardware dan menghambat kinerja.

Sebut saja debu yang menutupi sistem sirkulasi udara di dalam CPU. Apabila dibiarkan, debu tersebut akan membuat cooling system bekerja lebih keras dan lambat, dan tentunya berakibat pada naiknya suhu di dalam CPU. Ingat, suhu yang panas adalah salah satu penyebab utama rusaknya hardware!

Selain pada CPU, jangan lupakan pula kebersihan pada keyboard dan mouse. Kotoran dan debu yang masuk ke sela-sela keyboard dapat membuat tombol sulit ditekan. Sementara pada mouse, berbagai kotoran yang menempel dapat berakibat sulitnya mengendalikan pointer, klik kiri dan kanan yang kurang nyaman, serta dapat merusak scroll.

Cara membersihkannya? Sederhana! Cukup gunakan semacam kuas halus untuk menghilangkan debu pada keyboard serta jeroan di dalam CPU. Cara serupa juga dapat digunakan pada mouse, ditambah dengan menggunakan lap kering untuk membersihkan bagian sekitar optic.

Jika Anda melakukannya secara rutin, minimal sebulan sekali ditambah dengan berbagai hal yang disebutkan di paragraf pertama, niscaya PC kesayangan Anda dapat berkerja sesuai dengan performa yang sesungguhnya. Selamat mencoba!

Sumber : http://techno.ghiboo.com/kebersihan-kunci-performa-pc-tetap-maksimal
Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 363,831 hits
%d bloggers like this: