//
you're reading...
Bisnis

Cara Aman Belanja Online


TEMPO.CO, Jakarta – Belanja online di Indonesia bisa dibilang baru. Kegiatan ini sedang dalam tahap pertumbuhan. Seiring dengan makin luasnya penetrasi internet, pengguna layanan belanja online turut meningkat. Layanan media sosial seperti Facebook dan Twitter turut memperbesar kegiatan belanja online. Cukup dengan memasang foto produk di dinding Facebook, tinggal menunggu respons pembeli.

Direktur Bukalapak.com, Achmad Zaky, mengatakan sebelum membeli barang secara online, cek kredibilitas website penjualnya terlebih dahulu. “Gunakan layanan e-commerce yang memastikan keamanan transaksi Anda,” katanya.

Yang jelas, belanja online memerlukan kehati-hatian. Berikut ini sejumlah tips aman berbelanja online:

– Jangan tergiur dengan harga murah. Pastikan saat memilih dan membeli barang sudah diperhitungkan secara rasional dan masak-masak.

– Baca lengkap informasi dari barang yang ditawarkan. Jangan ragu-ragu untuk menanyakan ke penjualnya. Anda bisa memanfaatkan jalur komunikasi telepon ataupun internet.

– Kunjungilah situs belanja online yang banyak direkomendasi teman dan selalu cek reputasinya. Fannie misalnya, dia betul-betul mengandalkan rekomendasi teman untuk memilih toko online yang layak dipercaya.

– Cara mudah untuk mencek reputasi tempat belanja dengan googling. Cara Ketik nama situsnya, orang yang pernah tertipu umumnya akan komplain baik di forum-forum maupun di jejaring sosial.

– Pantau akun Twitter dan Facebook milik tempat belanja tersebut. Cara inilah yang digunakan Tiara untuk membeli produk-produk yang dijual di toko online. Dari wall-nya kita tahu penjualnya dipercaya atau tidak.

– Konsumen akan memberikan kesaksian pengalamannya saat membeli barang di tempat tersebut. Apabila banyak komentar negatif sebaiknya hindari.

– Jangan sekali-kali membeli di tempat yang tidak jelas asal-usulnya. Cek rekomendasi penjual  tersebut dari pembeli lain dan cek keasliannya.

– Untuk forum jual/beli, cek jumlah posting dan rekam jejak penjualnya selama bergabung di forum tersebut. Bila perlu cek alamat facebook untuk identitasnya dan googling nama seller tersebut.

– Bila menggunakan kartu kredit sebagai cara pembayaran, pastikan web tersebut menggunakan alamat [https://]

– Apabila tidak yakin dengan produk yang akan dibeli, Anda bisa memilih metode Cash On Delivery atau membayar saat barang sudah Anda terima.

– Beberapa layanan jual-beli menyediakan rekening bersama sebagai jaminan. Penjual akan menerima pembayaran, setelah produk sudah sampai di pembeli.

– Terakhir, yang tidak boleh Anda sepelekan adalah simpan data SMS, email atau bukti pembayaran sebagai jaminan bila ada masalah dengan penjual.

Selain tips di atas, sebetulnya toko-toko online sudah menerapkan sistem verifikasi bagi para penjual yang memasang produk di toko tersebut. Sebab, bagi toko jual-beli online keamanan menjadi faktor yang penting. “Mereka adalah member-member terpercaya,” kata Manager Public Relation Tokobagus.com Ichwan Sitorus.

Menurut Ichwan jual-beli online ini harus dibuat sama persis ketika seseorang berbelanja di toko atau ke mall. “Pembeli harus dibuat enjoy dan tidak perlu takut,” ujarnya.

Bagi Direktur Berniaga.com Jullian Gafar mengatakan faktor kemanan menjadi hal yang utama dalam layanan jual-beli online ini. “Kami melakukan review terlebih dulu bagi yang ingin memasang iklan di Berniaga,” katanya.

Demikian pula dengan Multiply.com yang mempunyai klasifikasi khusus bagi penjual-penjual terpercaya. “Kami menjamin penjual-penjual yang masuk klasifikasi tersebut,” ujar Manager Public Relations Multiply.com Nirmala R Hapsari.

Adapun di Bukalapak mempunyai sistem tersendiri untuk mengetahui reputasi seorang penjual. “Bisa diketahui langsung track record penjual tersebut,” kata Achmad. Bila tidak tercantun, dia menyarankan agar pembeli mengecek nomor ponsel atau alamat emailnya di Google. “Apakah ada track record yang buruk dari seller tersebut,” katanya.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 357,371 hits
%d bloggers like this: