//
you're reading...
Berita, Bisnis

Industri nasional kurang manfaatkan IT


Selama ini pelaku industri nasional kurang mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi (TI) dalam hal pengembangan produk serta upaya untuk mengakses pasar internasional. Padahal TI telah menjadi bagian penting pelaku global dalam beraktivitas.

Hal ini diungkap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), M Chatib Basri, pada acara Unlocking Indonesia Digital Future di Jakarta, Senin (15/06). Menurutnya pelaku industri di Indonesia kurang menempatkan TI sebagai bagian penting dalam membangun pasar dan meningkatkan posisi Indonesia di mata dunia. Akibatnya, produk-produk industri dan ekspor yang dihasilkan kurang inovatif.

Padahal bila pelaku mampu mengoptimalkan pengguna TI dalam mengembangkan pasar maka produk mereka akan lebih optimal diterima pasar. Efeknya pada negara juga baik karena pertumbuhan ekonomi dan industri di Indonesia bisa jauh lebih baik dari saat ini.

“Untuk pasar domestik saja, konsumen kelas menengah di Indonesia saat ini lebih memilih produk impor yang telah mengadopsi inovasi TI, ketimbang produk lokal berteknologi standar. Hal ini membuat daya saing produk lokal semakin menurun,” paparnya.

Padahal potensi pasar menengah di Indonesia sangat besar. Konsumen kelas menengah di Indonesia diperkirakan sudah mencapai 45 hingga 60 juta orang. Sepuluh tahun lagi, jumlah pasar menengah Indonesia diperkirakan akan mencapai 135 juta. Kelas menengah adalah konsumen produk yang memiliki daya beli dan mempercepat pertumbuhan industri.

Sumber: Antara

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 357,371 hits
%d bloggers like this: