//
you're reading...
Teknologi

Megaupload Bangkit Lagi


TEMPO.CO, Wellington – Dari tempat persembunyiannya di Selandia Baru, pendiri Megaupload, Kim Schmitz alias Kim Dotcom, tengah merancang situs berbagi file baru yang dinamakan Mega. Kim berkoar bahwa Mega didesain sedemikian rupa sehingga tidak dapat diserang.

“Bila server mati, bila pemerintah mendatangi data center dan merampoknya, atau bila seseorang meretas atau mencurinya, mereka tidak akan mendapatkan apa pun,” ujar Kim Dotcom pada Wired, seperti dikutip dari situs teknologi CNET, Jumat, 19 Oktober 2012. Ia menambahkan bahwa semua data yang tersimpan akan tetap tertutup dan privat.

Dengan Mega, pengguna diberikan keleluasaan untuk mengontrol akses terhadap file yang diunggah. Mereka dapat melakukan enkripsi pada file lewat browser dengan menggunakan algoritma ”Advanced Encryption Standard”. Kemudian mereka akan diberi kunci untuk melakukan deskripsi atas file tersebut.

Karena kunci deskripsi ini tidak tersimpan di Mega, maka pengelola Mega tidak memiliki akses untuk mengetahui konten apa yang diunggah ke layanan ini. Artinya, pengelola Mega tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas file tersebut. Disebutkan juga, bila server diretas atau diambil alih, informasi personal tidak bisa diakses.

Adapun Kim Dotcom membantah pendapat bahwa Mega merupakan upayanya untuk memperolok Departemen Hukum Amerika Serikat dan kalangan industri Hollywood, yang berupaya keras menyeretnya ke penjara atas situs Megaupload. Ia menyatakan bahwa Mega memiliki peraturan yang memungkinkan pemegang hak cipta mengirim peringatan untuk menurunkan file yang melanggar hak tersebut.

Beberapa organisasi seperti studio film bahkan dipersilakan secara langsung menghapus file yang melanggar hak cipta tersebut. “Namun, bila ingin memiliki akses untuk melakukan hal ini, mereka harus menyatakan bahwa mereka tidak akan menuntut kami ke jalur hukum atau meminta kami bertanggung jawab atas tindakan para pengguna Mega,” ujar Kim. Rencananya, Mega akan dirilis pada tahun ini.

Selain Mega, Kim Dotcom juga tengah mengembangkan layanan musik Megabox. Dengan layanan ini, para pemusik dapat menjual karya mereka secara langsung dan menerima hasil transaksi hingga 90 persen.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 346,814 hits
%d bloggers like this: