//
you're reading...
Teknologi

Mengintip Warna-warni Data Center Google


TEMPO.CO, California – Tidak banyak perusahaan digital yang bersedia membuka pintu data center miliknya kepada publik, termasuk Google. Namun, raksasa mesin pencari ini akhirnya mempersilahkan publik mengintip data center mereka melalui beragam foto dan layanan Google Street View.

Dalam blog resmi perusahaannya, Urs Hölzle, Senior Vice President Google untuk Infrastruktur Teknis, menyatakan bahwa 14 tahun lalu Larry Page dan Sergey Brin memulai Google dengan bantuan server murah.

“Kini kami telah tumbuh besar dan kuharap Anda dapat ikut melihat dan menikmati apa yang telah kami bangun,” ujarnya seperti dikutip dari situs teknologi PC Mag, Jumat, 19 Oktober 2012.

Google meluncurkan laman baru bertajuk Where the Internet Lives yang berisi kumpulan foto mengenai data center, yang sebelumnya bersifat rahasia ini. Di galeri foto ini pengunjung dapat melihat tumpukkan rak server, pipa, hingga warna-warni lampu LED yang mirip dengan setting film fiksi ilmiah. Uniknya, pipa dan kabel dalam data center Google memiliki warna khas Google, yaitu merah, hijau, biru dan kuning.

Di bawah foto  yang diambil oleh Connie Zhou ini tercantum keterangan sehingga pengunjung dapat mengerti konteks foto tersebut. Misalnya, di bawah foto sekumpulan pipa di data center Dalles, Oregon, diterangkan bahwa pipa berwarna biru bertugas mengangkut air dingin untuk medinginkan data center, sedangkan pipa merah membawa air hangat yang dibawa keluar untuk didinginkan kembali.

Pengunjung juga dapat melihat foto para teknisi Google yang sedang melakukan pekerjaannya.

Selain galeri foto ini, pengunjung juga dapat menyusuri data center Google di Lenoir, North Carolina, melalui Street View. Seakan menunjukkan sisi geek mereka, dalam Street View ini, Google menampilkan “penampakan” stormtrooper seukuran manusia yang tengah “menjaga” data center dan droid R2D2. Keduanya adalah tokoh dalam serial  Star Wars.

Saat ini Google memiliki 12 data center yang tersebar di benua Amerika, Asia, dan Eropa. Tiga data center di Asia berada di HongKong, Singapura, dan Taiwan.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: