//
you're reading...
Tragedy

Tragedi Memey 3: Tawaran Kilat Nan Menggiurkan


TEMPO.COWina — Berkeluarga tak membuat kondisi ekonomi Memey membaik. Bahkan cekcok dengan suaminya mendorong Memey kembali berangkat sebagai tenaga kerja informal ke luar negeri.

Pada Maret 2006, Memey berangkat ke Malaysia. Kali ini ia dijanjikan akan dipekerjakan sebagai penjaga toko atau pelayan restoran. “Yang membuat saya tergiur adalah karena tidak harus tinggal di penampungan,” kata perempuan kelahiran Temanggung, 17 Juli 1984, itu, di Markas PBB Wina, Austria, Rabu lalu, 17 Oktober 2012. Baca: TKI Korban Trafficking Bersaksi di PBB.

Tawaran bekerja ke Malaysia didapat Memey dari kenalannya, Suyatmi, yang dikenal sebagai calo di salah satu Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). “Kali ini saya berangkat sebagai perorangan, tidak melalui agen,” ujarnya.

Dari Suyatmi, Memey diserahkan kepada seorang perempuan yang bernama Sri dari Magelang. Dari Magelang, Memey diberangkatkan menuju Entikong, Kalimantan Barat, dengan menggunakan kapal laut melalui Semarang. “Saya berangkat bertiga, bersama Yayuk dan Ngaliah,” ujar Memey.

Di Entikong, seorang pria yang bernama Masnok menjemput dan mengurus segala keperluan mereka, termasuk paspor. “Saya tidak keluar uang, hanya bermodal KTP (kartu tanda penduduk),” kata Memey. Ketiga perempuan belia itu sempat menginap di sebuah rumah penampungan di Entikong selama empat hari.

Setelah semua keperluan beres, Memey bersama dua temannya dibawa ke perbatasan. Di perbatasan, Memey diserahterimakan kepada empat pria tegap yang diketahui sebagai warga Malaysia. “Mereka seperti bodyguard. Kami dibawa ke Kuching, Malaysia,” kata Memey.

Di Kuching inilah kisah sengsara Memey dimulai. Menurut Memey, sampai pada titik ini, dia belum sadar sudah diperdagangkan. “Semuanya terasa normal,” kata dia.

Bagaimana Memey memulai kisah pilunya sebagai korban perdagangan manusia? Ikuti di “Memey Dijual Setelah Didandani”.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: