//
you're reading...
Kesehatan

Kacang-kacangan Bagus untuk Penderita Diabetes


TEMPO.CO, Jakarta–Mengkonsumsi segelas kacang atau lentil setiap hari bisa membantu orang-orang yang terkena diabetes untuk mengontrol kadar gula darah mereka dan berpeluang untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Hasil penelitian para ilmuwan dari St. Michael”s Hospital di Toronto menunjukkan bahwa dibandingkan dengan diet makanan yang terdiri dari gandum, mengkonsumsi kacang-kacang per hari bisa menurunkan kadar gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol.

Menurut hasil temuan yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine, setelah tiga bulan mengkonsumsi makanan kaya kacang, para partisipan dalam studi ini mengalami penurunan risiko terkena penyakit kardiovaskuler dari 10,7 persen menjadi 9,6 persen.

“Kacang-kacangan merupakan sumber kaya protein, dan protein cenderung menurunkan respon glukosa dalam darah dan menurunkan tekanan darah,” ujar Dr. David Jenkins dari St. Michael”s Hospital seperti dikutip Reuters 22 Oktober 2012.

Selain itu, sambung Dr Jenkins, kacang-kacangan juga sumber bagus untuk fiber sehingga cenderung menurunkan kadar kolesterol. Ia menambahkan, meskipun penurunannya tidak besar tetapi hasil penelitian ini mengesankan karena makanan yang terbuat dari gandum adalah makanan sehat dan orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini mengkonsumsi obat diabetes dan tekanan darah.

“Kami berharap bahwa temuan ini bisa menjadi titik yang memungkinkan kita untuk menghentikan penggunaan obat,” ujar Dr. Jenkins. Namun ia menambahkan, “Jika kita bisa membuat seseorang yang mengkonsumsi obat sepanjang hidupnya dan tidak mengalami komplikasi diabetes, kita juga menang.”

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,771 hits
%d bloggers like this: