//
you're reading...
Peristiwa

Siswi SMK Ponorogo melahirkan di kamar mandi sekolah


merdeka.com – Kasus siswi hamil di luar nikah, masih saja terjadi. Seorang siswi SMK di Ponorogo dikabarkan melahirkan di dalam kamar mandi sekolah. Dinas Pendidikan Jawa Timur pun langsung melakukan klarifikasi.

“Atas kejadian ini, kami masih melakukan koordinasi dengan sekolah yang bersangkutan. Jelas kami sangat menyayangkan kejadian seperti ini,” terang Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, Kamis (25/10).

Kasus siswi melahirkan di sekolah, menurut Harun, menjadi preseden buruk bagi lembaga pendidikan. “Yang paling berat adalah sanksi moral yang diberikan masyarakat kepada sekolah. Pastinya, akan menjadi stigma negatif,” sesal dia.

Sikap guru pengawas di sekolah tersebut juga patut dipertanyakan. “Masak sih sudah hamil sembilan bulan kok sampai tidak tahu,” kata Harun bertanya.

Agar kejadian ini tidak terulang atau merembet kepada sekolah lain, Harun meminta seluruh sekolah untuk melakukan kerjasama dengan seluruh elemen sekolah. seperti, Komite Sekolah, orang tua siswa dan guru.

“Semua sekolah baik di Jawa Timur atau nasional, memiliki norma dan etika pendidikan. Jika norma-norma itu dilakukan, maka tidak akan terjadi kejadian seperti itu,” tegas Harun.

Sekolah bukan hanya menjadi tempat proses belajar mengajar saja, tapi ada pendidikan moral di sana. “Setiap siswa tidak hanya dituntut untuk menjadi pandai. Namun harus memiliki moral yang sesuai dengan norma-norma yang ada di masyarakat,” kata dia.

Terlebih lagi, lanjut dia, di sekolah itu ada guru yang bertindak sebagai guru pembimbing dan pengawas. Tujuannya dalah memberikan pemahaman agar seorang siswa tidak melakukan tindakan-tindakan seperti tawuran, pergaulan bebas dan lain-lain.

Menurut dia, sekolah tidak hanya mengolah otak kiri atau mencerdaskan. Sikap bagaimana seorang siswa mengembangkan otak kanan yang baik, juga harus menjadi perhatian para guru-guru di sekolah, Agar memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik.

“Kalau sampai terjadi ada siswi yang melahirkan di sekolah, ini bisa mencoreng nama baik sekolah tersebut,” pungkas dia.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: