//
you're reading...
Umum

Spesies Baru Kumbang Tanpa Kepala Ditemukan


TEMPO.CO, Montana – Para ilmuwan mengklaim telah menemukan spesies baru kumbang kecil (kepik). Uniknya, kumbang ini bisa memasukkan kepalanya ke dalam tubuh seperti laiknya kura-kura.

Ross Winton, seorang entimolog di Montana State University (MSU), menemukan kumbang tersebut sedang mendirikan perangkap di sebuah gundukan pasir di barat daya Montana. Awalnya ia mengira serangga coklat kecil itu hanya bagian dari seekor semut atau kumbang yang kehilangan kepalanya.

Namun setelah diteliti lebih lanjut, Winton mengidentifikasi kumbang yang memiliki panjang 1 milimeter itu sebagai kepik jantan. Dan uniknya, kepik ini tanpa kepala. Kepalanya tersembunyi di dalam sebuah tabung di rongga dada, laiknya kura-kura yang kepalanya terselip kembali ke cangkang.

Sementara si kepik betina serupa sebelumnya ditemukan di Idaho. Penemuan Winton ini memungkinkan peneliti mengkonfirmasi bahwa dua spesimen ini adalah spesies baru. Mereka menamakannya Allenius iviei.

“Spesies ini tidak biasa bukan hanya karena ukurannya yang kecil, habitat unik, dan langka tetapi kenyataan bahwa kepalanya ditarik kembali ke dalam tabung di dada,” ujar Michael Ivie, entimolog MSU dan mantan penasehat Winton.

Spesies kecil ini hanya ditemukan satu jantan dan satu betina, sehingga memenuhi syarat bahwa fauna kecil ini adalah spesies yang cukup langka di Amerika Serikat.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 351,565 hits
%d bloggers like this: