//
you're reading...
Berita

Rakyat Indonesia makin tidak Toleran?


JAKARTA–MICOM: Masyarakat Indonesia dinilai semakin tidak toleran terhadap perbedaan.
Kesimpulan itu didapat berdasarkan hasil survey Yayasan Denny JA dan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Comumunity yang dilakukan sepanjang Oktober 2012.

“Publik kita semakin tidak nyaman dengan adanya keberagaman dan perbedaan,” sesal Direktur LSI Denny JA pada acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Hari Ini Indonesia Tanpa Diskriminasi di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/10).

Dari survei yang dilakukan terhadap sejumlah koresponden terungkap sekitar 15%-80% publik terus terang mengaku tidak nyaman bertetangga dengan mereka yang berbeda identitas.

Bahkan terungkap yang paling tidak nyaman bertetangga dengan warga Syiah mencapai 40%, Ahmadiyah di atas 40%, dan homoseksual di atas 80%.

Ketidakyamanan itu, menurut Denny, meningkat dibandingkan survei serupa yang dilakukan pada 2005.

Pada survei yang dilakukan tujuh tahun silam itu, tingkat intoleransi di kalangan masyarakat hanya berada pada kisaran 8%-65%.

Selain intoleransi, budaya menggunakan kekerasan dalam rangka menegakkan prinsip agama juga meningkat.

Jika survei pada 2005 yang mendukung praktik kekerasan masih berkisar kurang dari 10%, giliran survei tahun ini sekitar 20% responden mendukung tindak kekerasan terhadap masyarakat lain yang berbeda entitas.

Fenomena intoleransi dan kekerasan kelompok harus dihapuskan. Ada dua cara untuk menghapuskan budaya diskriminasi yang semakin mengakar di dalam negeri.

Pertama, lanjut Denny, lewat gerakan akar rumput untuk menolak budaya kekerasan. Kedua, pada pembenahan di level kebijakan dan aturan yang masih bersifat diskriminatif. (Tlc/OL-5)

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 346,816 hits
%d bloggers like this: