//
you're reading...
Olah Raga

Olahraga membuat orang lebih cerdas?


merdeka.com – Apa yang baik untuk tubuh, pasti baik untuk otak. Peneliti di Canadian Cardiovaskular Congress menemukan bahwa berolahraga selama empat bulan mampu meningkatkan kemampuan otak.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan kemampuan kognitif bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur dan mengurangi berat badan,” jelas Dr Martin Juneau, peneliti dari Montreal Heart Institute.

Ilmuwan melakukan pengamatan terhadap orang dewasa di atas usia 49 tahun yang memiliki masalah obesitas. Para partisipan diminta untuk melakukan olahraga dua kali seminggu selama empat minggu. Setelah itu mereka mereka mengamati fungsi kognitif, detak jantung, dan komposisi tubuh partisipan.

Hasilnya diketahui bahwa tak hanya kesehatan tubuh partisipan saja yang membaik setelah berolahraga, namun juga hasil tes kemampuan kognitif mereka.

“Setidaknya 150 menit aktivitas fisik setiap minggu bisa memberikan perbedaan besar untuk menjaga tubuh dari faktor risiko penyakit jantung dan stroke,” papar Dr Beth Abramson dari heart and Stroke Foundation.

“Ada banyak manfaat dari olahraga. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga tak hanya membuat fisik merasa lebih baik, tetapi juga otak kita,” tambahnya, seperti dilansir oleh Huffington Post (31/10).

Sebelumnya, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh neurology juga menunjukkan bahwa olahraga mampu mencegah pengerutan otak yang berujung pada penurunan ingatan dan penyakit Alzheimer.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk malas-malasan berolahraga ya!

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,644 hits
%d bloggers like this: