//
you're reading...
Teknologi, Windows

Baru Beberapa Hari Dirilis, Windows 8 Berhasil Dibobol?


Liputan6.com, Jakarta: Sistem operasi Windows 8 baru saja dirilis ke pasaran dalam hitungan hari, tepatnya pada 26 Oktober lalu. Namun perusahaan keamanan asal Prancis, Vupen, mengklaim berhasil menemukan celah eksploitasi pada sistem operasi tersebut.

Selang beberapa hari setelah diluncurkan, para peretas di Vupen menyatakan telah berhasil membobol sistem proteksi Windows 8. Pada 30 Oktober lalu CEO Vupen Chaouki Bekrar memposting informasi tersebut melalui Twitternya.

“We welcome #Windows 8 with various 0Ds combined to pwn all new Win8/IE10 exploit mitigations. Congrats to our mitigation mitigator @n_joly”. Demikian bunyi tweet Bekrar yang dilansir TheNextWeb.com, Rabu (7/11).

Windows 8 sendiri diklaim Microsoft memiliki sistem proteksi yang lebih aman dari pendahulunya Windows dan Windows Vista. Sebab dilengkapi teknologi mitigasi eksploitasi yang lebih baik seperti DEP (Data Execution Prevention) dan ASLR (Address Space Layout Randomisasi) yang secara acak dapat memindahkan kode dan data untuk mencegah terjadinya serangan “buffer overrun”. Lalu, ada fitur Secure Boot yang memungkinkan Windows 8 dapat mendeteksi malware seperti rootkit dan memperbaiki OS sebelum proses loading.

Ya meski diklaim lebih baik, tidak ada software yang seratus persen sempurna dan aman dari serangan. Menurut Vupen, celah yang mereka temukan dapat disalahgunakan untuk memata-matai orang lain bahkan membuat malware. Vupen mengembangkan software teknik hacking dan kemudian menjualnya ke berbagai instansi pemerintah dan korporat.

Pihak Microsoft sendiri disinyalir belum mendapatkan informasi perihal eksploitasi tersebut dari Vupen. Microsoft mengajak para peretas untuk berpartisipasi pada program Microsoft’s Coordinated Vulnerability Disclosure untuk memastikan perlindungan pelanggannya.(MEL)

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 329,093 hits
%d bloggers like this: