//
you're reading...
Uncategorized

Bocah dengan Lengan dan Payudara di Punggung


TEMPO.CO, Jakarta – Sepasang payudara dan sebuah lengan tumbuh pada punggung bocah perempuan, 11 tahun, di Cina. Penemuan ini sontak mengagetkan tim dokter Rumah Sakit Angkatan Bersenjata dan Polisi di Beijing.

Menurut mereka, bisa jadi payudara serta tangan itu merupakan bagian dari kembaran si anak. “Ada kemungkinan anak ini memiliki kembaran,” kata Profesor Baongan Peng.

Mengapa janin kembaran itu bisa tumbuh di tubuh si anak? Menurut Peng, ada kemungkinan bila janin gagal berkembang menjadi bayi. Karena itu, ia menempel pada tubuh kembarannya.

Menempelnya janin pada tubuh kembaran dan ikut tumbuh besar, kata Peng, adalah kejadian langka. Di dunia, kasus serupa hanya terjadi pada satu anak dari lima juta kelahiran. Namun biasanya, fetus itu tak tumbuh di punggung.

“Sekitar 80 persen kasus, janin tumbuh di perut,” ujarnya.

Karena pertumbuhan payudara dan lengan di punggung, kini bocah itu menderita diastematomyelia atau kelainan pada sumsum tulang belakang. “Kami juga menemukan adanya saluran pencernaan dalam jaringan yang tumbuh itu,” kata Peng.

Dalam foto yang diterbitkan situs berita Daily Mail, posisi payudara dan lengan di punggung si anak tidak horizontal seperti pada umumnya. Melainkan vertikal, dengan lengan ada di dekat tengkuk. Payudara yang tumbuh tak sempurna itu memiliki dua puting. Sedangkan bentuk lengan menekuk dengan dua jari serta satu kuku.

Kini, Peng dan dokter lainnya tengah mencari cara agar daging tumbuh itu dapat diangkat dari badan si anak. Namun mereka belum menemukan cara pengangkatannya.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 363,877 hits
%d bloggers like this: