//
you're reading...
Uncategorized

Harga Minyak Dunia Naik Didorong Harapan Eropa


NEW YORK–MICOM: Harga minyak dunia ditutup lebih tinggi pada Jumat (23/11) karena investor tumbuh lebih optimis tentang perbaikan situasi ekonomi di Eropa dan mengambil keuntungan dari melemahnya mata uang dolar.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, bertambah 90 sen dari posisi Rabu (21/11) menjadi ditutup pada US$88,28 per barel.

Di perdagangan London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Januari menguat 83 sen, menjadi menetap di US$111,38 per barel.

Volume perdagangan tetap tipis di pasar New York, yang pada Kamis (22/11) ditutup untuk memperingati hari libur Thanksgiving dan memiliki sesi satu jam lebih pendek pada Jumat (23/11).

“Jatuhnya dolar terhadap euro membantu mendukung semua komoditas yang dihargakan dalam dolar, termasuk minyak mentah,” kata Bart Melek di TD Securities.

Dolar yang lebih lemah membuat minyak mentah lebih menarik bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya, sehingga mengangkat permintaan.

Pedagang di New York juga bereaksi terhadap kejutan positif Jerman karena indeks kepercayaan bisnis IFO secara tak terduga menghentikan penurunan selama enam bulan dan meningkat pada November di ekonomi terbesar Eropa itu.

“Untuk sementara banyak orang memperkirakan bahwa ekonomi Eropa sedang bergeser menuju perlambatan yang lebih dalam dan, seperti yang terlihat, mungkin akan berbuat sedikit lebih baik,” kata Melek.

Selain itu, analis mengatakan, ada perkembangan menggembirakan pada krisis utang negara Yunani dan investor berharap bahwa kesepakatan zona euro untuk meluncurkan bantuan penting bagi Athena “mungkin datang dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Para pejabat Eropa telah menyuarakan keyakinan bahwa kesepakatan akan tercapai pada Senin (26/11), dalam pertemuan darurat berikutnya para menteri keuangan grup euro.

Di kawasan kaya minyak Timur Tengah, gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza yang dimulai Rabu (21/11) malam setelah delapan hari konflik mematikan sejauh ini masih tampak efektif.

“Gencatan senjata di Jalur Gaza telah mengurangi kekhawatiran pasokan minyak,” kata analis Sucden Financial, Myrto Sokou.

“Namun, kondisi politik dan ekonomi di Timur Tengah tetap sangat tentatif, menawarkan sinyal bervariasi di pasar minyak.”

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 346,814 hits
%d bloggers like this: