//
you're reading...
Berita

Dua Polisi Terluka Saat Amankan Demonstrasi di Morowali


Pembunuhan wartawan di ManadoREPUBLIKA.CO.ID, PALU — Aksi demonstrasi menolak hasil Pemilihan Kepala Daerah Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis, berujung ricuh. Dua orang polisi dilaporkan terluka saat mengamankan aksi tersebut.

Arlan, warga Morowali, yang dihubungi dari Palu menyebutkan, dua personel polisi yang terluka itu adalah anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah bernama Briptu Okto Gunadi dan Briptu Daud Sidik. Mereka terluka di bagian kepalanya akibat terkena lemparan batu dari peserta aksi.

Aksi tersebut berlangsung di depan Gedung Serba Guna di Kecamatan Bungku Tengah saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali sedang melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Menurut Arlan, ribuan orang itu mendesak KPU Morowali untuk menghentikan rapat pleno karena diduga proses pilkada diwarnai kecurangan. Namun rapat pleno tetap dilanjutkan, polisi yang berada di lokasi unjuk rasa meminta warga untuk tetap tenang dan tidak anarkis.

Beberapa saat kemudian terjadi aksi saling dorong antara peserta aksi dan aparat keamanan. Tiba-tiba terdapat lemparan batu dari arah peserta aksi, polisi pun membalas dengan menembakkan gas air mata.

Massa aksi kemudian berlarian guna menghindari gas air mata. Situasi keamanan berangsur kondusif.

Sementara itu, hasil Pilkada Morowali menempatkan pasangan Anwar Hafid-Sumisi Marunduh unggul dengan suara sekitar 48 persen.

Perolehan suara terbanyak kedua ditempati pasangan Ahmad Ali-Jakin Tumakaka dengan persentase 23 persen, diikuti Chaeruddin Zein-Delis Julkarson Hehi (20 persen), Andi Muhammad-Saiman Pombala (7 persen), serta Burhan Hamadding-Huragas Talingkau (2 persen).

Sejak pemungutan suara pada 27 November 2012, sejumlah aksi unjuk rasa juga terjadi di Morowali guna melaporkan hasil kecurangan dan penolakan hasil penghitungan.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 361,179 hits
%d bloggers like this: