//
you're reading...
Berita

Jakarta tak masuk 100 besar kota layak huni di dunia


Jakartamerdeka.com – Lembaga bertaraf internasional, Mercer melakukan survei soal kelayakan huni kota-kota besar di dunia selama 2012, termasuk Jakarta. Hasilnya, wilayah administrasi yang dipimpin Joko Widodo itu tidak masuk kategori. Jakarta masih jauh dari kata layak.

Wina, Austria, menempati urutan pertama sebagai kota layak huni terbaik di dunia. Sedangkan di Asia-Pasifik, Singapura menempati urutan teratas kota layak huni dengan peringkat ke 25, kemudian Kuala Lumpur Malaysia di peringkat ke 80. Sedangkan Jakarta menempati urutan ke 138, jauh di bawah Bangkok Thailand, yang berada di urutan 115 dan Manila, Filipina 128.

“(Penelitian ini dilakukan) agar perusahaan multinasional dapat memastikan ekspatriat mereka diberi kompensasi secara tepat, dan tunjangan yang memadai. Mereka harus menyadari peristiwa saat ini, dan kondisi setempat,” kata Peneliti Senior di Mercer Slagin Parakatil di website.

Survei Mercel didasarkan pada kondisi infrastruktur tiap-tiap kota, seperti pasokan listrik, ketersediaan air, telepon dan layanan surat, transportasi umum, kemacetan dan lalu lintas, serta layanan penerbangan internasional dari bandara setempat.

Tidak hanya tertinggal dari segi kelayakan huni, Jakarta juga masih tertinggal jauh soal infrastruktur kota.

Untuk infrastruktur kota, Singapura menduduki peringkat tertinggi di seluruh dunia diikuti oleh Hong Kong, Sydney, Perth Australia, Tokyo, dan Melbourne. Namun warga Ibu Kota tidak perlu berkecil hati, infrastruktur Jakarta masih lebih bagus, ketimbang Dhaka Bangladesh.

“Sejumlah besar peringkat kota-kota Asia di urutan bawah, disebabkan karena ketidakstabilan politik yang tinggi, infrastruktur yang buruk, dan pelayanan publik yang ketinggalan jaman,” terang Slagin.

Mercer merupakan anak perusahaan asal Amerika Serikat, Marsh & McLennan. Memiliki jumlah karyawan lebih dari 20 ribu yang tersebar di 40 negara. Selain sebagai lembaga konsultasi, Mercer juga bergerak pada bidang jaminan kesehatan pensiun dan investasi.

[cob]
Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 354,449 hits
%d bloggers like this: