//
you're reading...
Wanita

‘Menilai keperawanan dengan selaput dara itu salah’


039menilai-keperawanan-dengan-selaput-dara-itu-salah039merdeka.com – Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyayangkan alasan Bupati Garut Aceng Fikri menceraikan istrinya FO hanya soal keperawanan. Padahal, terdapat jenis-jenis selaput dara yang berbeda berkaitan dengan keperawanan seorang wanita.

“Soal martabat perempuan hanya dari persoalan keperawanan, itu ya soal menghormati perempuan, mungkin secara normatif menjaga kehormatan perempuan tetap penting ya. Tapi maksud saya orang enggak paham bahwa keperawanan dengan selaput dara itu mengukurnya hanya dengan itu sangat riskan. Karena jenis-jenis selaput dara itu kan macam-macam,” kata Ketua Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifah di Le Meredien, Jakarta, Kamis (6/12).

Menurut Yuniyanti, jenis selaput dara wanita bermacam-macam. Yakni ada yang lentur, ada yang tipis namun bisa tidak berdarah. Bahkan, ada juga yang tebal sampai harus perlu dioperasi.

“Menilai dengan cara seperti itu suatu kesalahan dan itu khusus virginitas dengan indikasinya ada selaput dara ini juga bisa missreading kadang-kadang,” ujarnya.

Untuk itu, Yuniyanti dengan lembaganya mendesak kepolisian agar segera diusut beberapa poin yang diduga melanggar hukum. Yakni, pernikahan di bawah umur juga pernikahan tidak di catat di catatan sipil.

Kasus perceraian Bupati Garut Aceng dengan FO seorang ABG tengah disorot. Aceng dianggap telah merendahkan kehormatan seorang perempuan karena hanya menikahi FO selama empat hari kemudian menceraikannya. Salah satu penyebab Aceng menceraikan FO karena alasannya tidak perawan.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,644 hits
%d bloggers like this: