//
you're reading...
Kesehatan

10 Penyakit akibat kesehatan mulut yang buruk


10-penyakit-akibat-kesehatan-mulut-yang-burukMenjaga kesehatan mulut tampaknya sepele. Anda mungkin berpikir bahwa kesehatan mulut yang buruk hanya akan berakibat pada gigi keropos dan lainnya. Namun jangan salah. Masalah kesehatan mulut juga bisa menyebabkan banyak penyakit lainnya, seperti dilansir Health Me Up (17/12) berikut ini.

1. Penyakit periodontal
Penyakit periodontal adalah penyakit yang menyerang bagian bawah gigi, yaitu gusi. Kondisi ini biasanya dimulai dengan gingivitis yang menyebabkan gusi bengkak, berdarah, dan berwarna merah. Jika tak segera ditangani, penyakit ini bisa semakin parah dan merusak jaringan gusi serta tulang penyangga gigi.

2. Endokarditis
Endokarditis adalah peradangan yang terjadi pada bagian dalam jantung. Peradangan terjadi karena bakteri yang muncul dalam mulut. Bakteri kemudian terbawa aliran darah melalui penyakit gusi kecil atau gusi yang berdarah.

3. Penyakit jantung
Penyakit jantung juga berhubungan dengan kebersihan gigi lho. Jika bakteri yang ada pada mulut terbawa aliran darah hingga ke jantung, maka bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit jantung seperti arteri tersumbat dan stroke.

4. Menurunnya daya ingat
Buruknya kesehatan mulut dan gigi tak hanya berpengaruh pada jantung, tetapi juga pada kesehatan otak. Kesehatan gigi yang buruk bisa menyempitkan dan menyumbat arteri ke otak. Arteri yang sudah dikuasai oleh bakteri bisa menyebabkan demensia atau hilangnya ingatan.

5. Diabetes
Penyakit yang paling berkaitan dengan kesehatan gigi adalah diabetes. Iritasi yang bermula pada mulut bisa melemahkan kemampuan tubuh untuk mengolah gula darah. Orang yang memiliki diabetes cenderung memiliki masalah karena kurangnya insulin.

6. Susah hamil
Penelitian terbaru di European Society of Human Reproduction and Embryology menunjukkan bahwa wanita dengan kesehatan mulut buruk tidak cepat hamil.

7. Masalah kehamilan
Wanita dengan penyakit gusi memiliki risiko komplikasi kehamilan dua kali lebih besar dibanding wanita yang tidak memiliki masalah mulut. Komplikasi bisa berupa kelahiran prematur dan lainnya. Hal ini karena zat kimia yang diperlukan untuk melahirkan ada di bakteri mulut. Peningkatan bakteri akibat penyakit gusi bisa menyebabkan komplikasi kehamilan.

8. Kanker
Penelitian terbaru menunjukkan kaitan antara kesehatan mulut dengan beberapa tipe kanker. Kanker yang terkait antara lain kanker yang tumbuh di kepala, leher, esophagus, dan kanker paru-paru.Hal dikarenakan kebiasaan buruk saat menggosok gigi, penyakit periodontal, dan gigi berlubang.

9. Masalah paru-paru
Penyakit periodontal bisa menyebabkan penyakit pernapasan seperti pneumonia semakin memburuk. Hal ini kemungkinan besar karena banyaknya bakteri yang terbawa ke paru-paru.

10. Obesitas
Penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara obesitas dengan masalah gusi. Tampaknya penyakit periodontitis bisa berkembang lebih cepat dan semakin parah jika didukung oleh adanya lemak tubuh yang berlebih.

Sepuluh penyakit di atas bisa muncul hanya karena masalah kesehatan mulut dan gigi. Jadi, tak ada alasan lagi untuk menyepelekan kebersihan dan kesehatan mulut Anda.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: