//
you're reading...
Berita

Inilah Bahaya Kurang Tidur


369497-sleepy-tired-yawn-50d6824197ef7Ghiboo.com – Setelah beraktivitas, manusia butuh istirahat dengan tidur. Dalam keadaan terlelap itulah, sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan kesempatan otak untuk mengatur serta mengarsip memori. Jadi, sepadat apapun aktivitas harian kita, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup demi kesehatan fisik dan mental.

Nah, bila Anda kurang tidur, siap-siap untuk mendapatkan efek negatifnya. Berikut beberapa di antaranya:

Badan melar

Kurang tidur dapat merangsang hormon ghrelin penambah nafsu makan, dan mengurangi hormon leptin sebagai penekan nafsu makan. Fakta ini diperkuat oleh penelitian University of Washington pada kembar identik yang tidur 7-9 jam setiap malam dan memiliki rata-rata indeks massa tubuh 24,8, atau hampir 2 poin lebih rendah dari orang yang tidur kurang dari 7 jam.

Risiko kanker lebih tinggi
Kurang tidur menyebabkan gangguan metabolisme hormonal yang dikaitkan dengan risiko kanker. Jadi, penggemar olahraga pun tak akan lepas dari risiko kanker jika kegiatan tidurnya kurang dari 7 jam.

Konsentrasi menurun
Kurang tidur dapat mengganggu kewaspadaan, penalaran, dan pemecahan masalah. Akibatnya, aktivitas dalam bekerja, dan belajar anak menjadi terganggu serta tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan ‘menguatkan’ memori dalam pikiran. Makanya, jika tidak cukup tidur, siapapun tidak akan mampu mengingat apa yang sudah dipelajari atau dialami selama seharian.

Gairah seks menurun
Sebuah penelitian membuktikan adanya penurunan tingkat libido dan dorongan untuk melakukan hubungan seksual pada pria dan wanita yang kurang tidur. Sebab, energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: