//
you're reading...
Peristiwa

RIbuan Warga Komunitas Bali Mengungsi


115098_475TEMPO.COSumbawa Besar – Lebih dari 3.000 warga komunitas Bali di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, mengungsi ke markas Kodim Sumbawa dan Kompi A Sumbawa Besar akibat rusuh yang terjadi sejak pukul 10.00, Selasa, 22 Januari 2013. Mereka juga mengungsi ke desa-desa tetangga.

Sebagian besar warga keluar dari rumah hanya dengan pakaian yang melekat di badan. Mereka tak sempat menyelamatkan harta mereka. “Iya. Warga yang ketakutan mengungsi ke Kodim,” kata Komandan Kodim Sumbawa 1606 Agus Supriyanto kepada wartawan.

Juru bicara Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Wiryawan, mengatakan para pengungsi ini membutuhkan makanan dan minuman. Daerah pengungsian yang dituju adalah di markas-markas TNI dan asrama Brimob di Labuan.

Wakil Gubernur NTB Badrul Munir dan Kepala Kepolisian Daerah NTB Brigadir Jenderal Mochammad Iriawan malam ini mengadakan pertemuan dengan seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan ulama untuk membahas kerusuhan.

Badrul sangat menyayangkan terjadinya kerusuhan yang menimbulkan ketakutan dan kerugian yang cukup besar. “Warga masyarakat jangan mudah terprovokasi,” ujar
Badrul di Markas Polres Sumbawa.

Badrul mengatakan pemerintah saat ini baru bisa memberikan bantuan makanan dan minum untuk para pengungsi. “Pemda NTB dan aparat keamanan sementara berkoordinasi untuk merehabilitasi pengungsi,” ujar Badrul.

Informasi yang dihimpun Tempo, kerusuhan ini dipicu oleh isu adanya oknum polisi asal Bali yang diduga memperkosa seorang mahasiswi warga Desa Brang Rea, Moyo Hulu, pada Senin pagi kemarin. Insiden itu mengakibatkan korban tewas. Isu tersebut membuat warga marah. Mereka membakar puluhan rumah dan satu pura yang digunakan warga komunitas Bali. Kerusuhan bahkan kemudian merembet ke pusat bisnis di Sumbawa Besar.

Informasi ini berbeda dengan versi Kepolisian. Iriawan menguraikan bahwa personel polisi bernama I Gede Eka Swarjana berboncengan dengan pacarnya, Arniati. Mereka melaju dari Kanar menuju Sumbawa.

Sesampainya di dekat tambak udang Desan Empang, Desa Lab Badas, sepeda motor selip dan jatuh ke kanan, sehingga menyebabkan Arniati tewas. “Jadi yang sebenarnya adalah laka lantas mengakibatkan meninggal dunia,” kata Iriawan.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,644 hits
%d bloggers like this: