//
you're reading...
Berita

Benarkah Indonesia negara pertama transfer uang antar operator seluler?


indonesia-negara-pertama-transfer-uang-antar-operator-selulermerdeka.com- Bank Indonesia (BI) terus mendorong program financial inclusion atau keuangan inklusif. Saat ini bank sentral secara resmi telah meluncurkan pilot project atau proyek percontohan dari branchless banking. Peresmian proyek percontohan ini menyusul panduan branchless banking yang telah dikeluarkan oleh BI beberapa waktu lalu.

Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, layanan branchless banking ini akan memudahkan masyarakat yang berada di daerah terpencil atau remote area untuk bertransaksi keuangan, semisal menabung dan melakukan transfer.

“Saudara-saudara kita di pedesaan melihat kantor bank apalagi pintunya tertutup, sudah grogi dia. Melihat pegawai bank, sudah buyar konsentrasinya. Tapi dengan pedagang pulsa, dia lebih akrab,” tutur Darmin di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (15/5).

Dengan kemajuan teknologi dan juga mempertimbangkan bahwa penetrasi telepon genggam yang sangat luas dan layanan person to person (P to P) transfer yang disediakan oleh operator seluler akan berpotensi digunakan secara luas oleh masyarakat karena kemudahan dan kenyamanan penggunaanya. Layanan P to P transfer antar operator seluler di Indonesia ini merupakan yang pertama di dunia.

Ujicoba branchless banking ini melibatkan lima bank, yakni BRI, Mandiri, CIMB Niaga, BTPN, dan Bank Sinar Harapan Bali. Juga melibatkan tiga operator telepon seluler terbesar di Indonesia, yakni Telkomsel, XL dan Indosat untuk layanan pengiriman uang elektronik lintas operator.

Darmin menambahkan, interkoneksi layanan transfer antar operator seluler bertujuan untuk efisiensi industri sistem pembayaran dan diharapkan dapat mendorong percepatan adopsi uang elektronik secara massal. Selain itu juga akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transfer dana.

Sementara itu, layanan keuangan yang diberikan melalui branchless banking merupakan layanan sistem pembayaran dan perbankan terbatas yang ditujukan untuk memenuhi kepentingan ekonomi masyarakat unbanked dan underbanked, seperti layanan transfer dana, pembayaran, tabungan, dan pembiayaan usaha produktif

“Sebagai tahapan awal, telah tersedia sistem informasi di tiga provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Kegiatan-kegiatan yang diluncurkan pada hari ini tidak hanya berhenti sampai di sini, namun masih akan terus dikembangkan dan diperluas oleh BI bersama industri sistem pembayaran dan perbankan”, tutupnya.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 329,093 hits
%d bloggers like this: