//
you're reading...
Automotif

Dua Tahun Lagi, Mobil Terbang Siap Meluncur


115254_620TEMPO.CO, Massahusetts – Terrafugia, produsen mobil asal Massachusetts, Amerika Serikat, memproduksi mobil flying car alias mobil yang bisa terbang. Mobil bernama Transition ini siap diluncurkan pada 2015.

Mobil ini berbentuk seperti kepala pesawat dengan separuh sedan, separuh jet. Rodanya empat seperti umumnya mobil, tetapi ukurannya lebih kecil dibanding dengan roda mobil umumnya. Tambahannya, ada dua sayap yang bisa dilipat.

Tahun lalu, saat diujicoba, mobil ini bisa terbang selama 8 menit di ketinggian 1.400 kaki atau sekitar 470 meter. Namun, untuk edisi produk komersial, mobil ini mampu terbang hingga ketinggian 35 ribu kaki atau sekitar 12 ribu meter dan jarak sejauh 500 km.

Transition berkapasitas empat orang penumpang. Untuk lepas landas, mobil ini butuh landasan pacu sekitar 100 meter. Walau bentuknya cuma seperti mobil bersayap, harga mobil ini tak seperti mobil umumnya. Mobil terbang ini dibanderol US$ 300 ribu atau hampir Rp 3 miliar. Mobil ini akan dijual ke pasaran pada 2015.

Namun, punya duit belum tentu bisa menyetir mobil ini. Pengemudi Transition minimal harus mengantongi pengalaman 20 jam terbang. Jika Anda ingin mobil terbang yang tak butuh landasan pacu, Terrafugia juga akan membuat seri TF-X. Mobil terbang ini bisa lepas landas vertikal seperti helikopter. Dengan mobil ini, Anda bisa lepas dari kemacetan dan langsung mengangkasa.

Namun, seri TF-X ini belum diujicoba. Harganya juga belum bisa diperkirakan. Terrafugia akan mengembangkan dalam jangka waktu antara 8 hingga 12 tahun.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 361,179 hits
%d bloggers like this: