//
you're reading...
Makanan

Bahaya Minum Kopi Malam


141363_620TEMPO.CO, Jakarta –  Bercengkerama dengan teman dimalam hari tentu sangat menyenangkan apalagi jika ditemani secangkir kopi. Sebagian orang memilih kebiasaan ini untuk mengurangi rasa jenuh dalam aktivitas keseharian.

Namun kebiasaan minum kopi dimalam hari, ternyata tidak baik untuk tubuh. Johns Hopkins, pendiri Johns Hopkins Medical Center membenarkan hal tersebut. “30 mg kafein yang dikonsumsi di malam hari memunculkan efek sakit perut,” kata Hopkins.

Seperti dilansir dari situs kesehatan Healt & care, setidaknya ada empat efek samping yang timbul, jika mengonsumsi kopi di malam hari.

1. Dehidrasi.
Terlalu banyak minum kopi berpotensi menurunan keinginan minum air putih. Kebiasaan ini dapat memicu dehidrasi, sehingga kualitas tidur pun menurun, sakit kepala, dan menimbulkan masalah pencernaan.

2. Kesulitan tidur
Walau beberapa orang mengatakan tak mengalami efek ini, sebagian besar peminum kopi akan merasa sulit tidur. Sebab, jantung terpicu terus dan berdetak lebih cepat, yang akhirnya meningkatkan konsentrasi dan tubuh menjadi lebih segar. Sulit tidur berakibat di pagi harinya,  tubuh menjadi lebih lelah karena kualitas tidur yang kurang.

3. Sakit perut.
Minum kopi di malam hari juga menyebabkan sakit perut. Karena pencernaan dipaksa untuk mengurai kafein lebih keras, padahal seharusnya pencernaan beristirahat di malam hari.

4. Lebih letih.
Karena pada malam hari jantung terpicu terus dan menyebabkan sulit tidur, maka tubuh tidak beristirahat dengan baik. Akibatnya, tubuh menjadi lebih letih keesokan harinya.

Bahkan, menurut American Academy of Sleep Medicine, pelajar yang minum kopi di malam hari akan mengalami penurunan konsentrasi di pagi hari. Jadi, pertimbangkan masak-masak sebelum Anda menenggak secangkir kopi di malam hari.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: