//
you're reading...
Uncategorized

Dilantik, Komjen Sutarman resmi jabat Kapolri


dilantik-komjen-sutarman-resmi-jabat-kapolriKomisaris Jenderal Pol Sutarman sore ini resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Pol Timur Pradopo. Jabatan nomor satu di Korps Bhayangkara ini diembannya usai menjalani pelantikan yang dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Jumat (25/10).

Pengangkatan Sutarman sebagai Kapolri tercantum dalam surat Keputusan Presiden Nomor 67/Polri/2013. Keppres ini juga dengan resmi memberhentikan Timur Pradopo dari jabatannya disertai ucapan terima kasih atas jasanya selama menjabat

Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalih apapun juga, tidak memberi atau menyanggupi, akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga,” ucap Sutarman saat membacakan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10).

Sebelum menjabat sebagai Kapolri, Sutarman sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri. Pria kelahiran 5 Oktober 1957 ini sebelumnya pernah menjadi ajudan presiden pada masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid pada 2000 lalu.

Sejak 2004, secara berturut-turut Sutarman pernah menjabat Kapolwiltabes Surabaya, Kapolda Kepulauan Riau, Kaselapa Lemdiklat Polri, lalu Kapolda Jabar dan Kapolda Metro Jaya. Jabatan Kabareskrim baru mulai diemban pada 6 Juli 2011 hingga 24 Oktober 2013. Ketika itu, ia menggantikan Ito Sumardi Ds yang memasuki masa pensiun.

Putra pasangan Paidi Pawiro Mihardjo dan Samiyem ini menjadi calon tunggal Kapolri setelah diajukan SBY melalui DPR pada Jumat (27/9), dan disetujui dengan suara bulan oleh seluruh fraksi di Komisi III DPR. Pergantian posisi kapolri ini dilakukan agar koordinasi pengamanan Pemilu 2014 dapat terlaksana dengan baik.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 329,093 hits
%d bloggers like this: