//
you're reading...
Berita

Anas ungkap dana kampanye siluman ratusan miliar di Pilpres 2009


Merdeka.com – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat , Anas Urbaningrum , secara mengejutkan melontarkan pernyataan soal adanya dugaan kejanggalan dana kampanye Pemilu Presiden pada 2009 lalu. Anas menuding aliran uang itu ada hubungannya dengan kasus Bank Century.

Anas mengatakan hal itu usai diperiksa selama sembilan jam sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi dalam proyek Hambalang dan proyek-proyek lainnya. Menurut Anas, hari ini dia sudah menyampaikan kepada penyidik soal kejanggalan dana kampanye Pilpres 2009 sebesar Rp 232 miliar dari beberapa pihak baik per orangan maupun perusahaan, sesuai audit akuntan independen.

Namun saat diperiksa, ujar Anas, ternyata nama-nama yang disebut sebagai penyumbang justru tidak pernah mengirimkan duit buat keperluan kampanye pilpres.

“Itu ada sebagian data penyumbang perseorangan dan korporasi yang sesungguhnya tidak menyumbang atau hanya dipakai namanya saja. Karena itu patut diduga laporan itu layak untuk diselidiki. Makanya saya informasikan data awalnya kepada KPK . Tinggal KPK tindak lanjuti,” ujar Anas kepada awak media usai diperiksa di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), Jakarta, Jumat (21/3).

Ditanya apakah yang dimaksud adalah dana kampanye pasangan SBYBoediono , Anas tidak menggubrisnya. Mantan anggota Tim Sukses SBYBoediono di Pilpres 2009 ini cuma meneruskan penjelasannya.

Menurut Anas, hal itu sangat perlu diselidiki sebab diduga ada dana siluman yang digunakan dalam dana kampanye Pilpres 2009. Tetapi sayang, Anas hanya memberikan petunjuk dan tidak secara lugas menyebut siapa pihak yang dia maksud menggunakan dana gelap itu.

“Karena daftar penyumbang itu sesungguhnya tidak menyumbang, berarti kan ada sumber dana lain. Yang sesungguhnya itulah yang perlu diselidiki. Termasuk tugas KPK kalau mau menyelidiki apakah itu ada kaitannya dengan kasus Bank Century atau tidak,” lanjut Anas.

Kabar soal dana talangan dan Fasilitas Pinjaman Jangka Pendek Bank Century yang sempat bocor dan tidak digunakan semestinya, memang pernah santer seusai Pilpres 2009. Meski begitu, sampai saat ini hal itu belum diketahui pasti. Pihak SBY juga sudah membantah berkali-kali berbagai tudingan memanfaatkan dana talangan Century itu.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 349,225 hits
%d bloggers like this: