//
you're reading...
Berita

Caleg gagal, sulit tidur hingga depresi


nestapa-caleg-gagal-sulit-tidur-hingga-depresiCalon anggota legislatif yang kecewa dengan perhitungan suara Pemilu 9 April 2014 mulai datang ke dokter spesialis kejiwaan. Mereka stres.

Dokter spesialis kejiwaan Rumah Sakit Umum Daerah R Syamsudin Kota Sukabumi Tomi Hermansyah, mengatakan sudah ada beberapa caleg yang datang ke tempat praktiknya karena mengaku depresi akibat tidak mampu meraup suara pada pileg kemarin.

“Sudah sekitar lima caleg yang datang ke kami, dari hasil pemeriksaan sementara caleg yang berkonsultasi mayoritas depresi atau belum bisa menerima kekalahannya pada pemilu kemarin. Tetapi tingkat depresinya masih ringan sehingga tidak perlu untuk dirawat inap,” kata Tomi seperti dikutip antara, Kamis (17/4).

Menurut Tomi mayoritas caleg yang berkonsultasi mengeluh tidak bisa tidur karena masih membayangkan kekalahan. Pengobatannya cukup terapi jalan agar kondisi emosional dan kejiwaan kembali normal.

Diakuinya, setiap pemilu selalu ada caleg yang datang ke RSUD R Syamsudin khususnya ke spesialis kejiwaan untuk berkonsultasi setelah kalah dalam perebutan kursi. Namun sampai saat ini belum ada caleg maupun mantan caleg yang depresi berat sehingga kejiwaannya terganggu.

“Caleg kalah rawan terganggu mentalnya, karena untuk berjuang dan memperebutkan kursi di legislatif mereka harus mengeluarkan tenaga dan biaya yang tidak sedikit, sehingga saat tahu kalah mereka tidak bisa menerima dan akhirnya stres atau depresi,” katanya.

Tetapi sampai saat ini selama menangani caleg yang depresi, tidak ditemukan adanya caleg yang kejiwaannya menjadi rusak atau sakit jiwa. Setelah diberikan terapi si caleg bisa kembali normal dan perlahan melupakan kekalahannya.

Sementara itu Humas RSUD R Syamsudin Kota Sukabumi, Joni Setiawan mengatakan pihaknya sudah menyediakan bangsal khusus untuk caleg yang membutuhkan rawat inap dan nantinya mereka ditempatkan di ruang kemuning khusus untuk pasien yang terganggu kejiwaannya.

Namun, untuk ruang caleg stres nantinya akan dipisah dengan pasien sakit jiwa lainnya dan disediakan perawat khusus.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: