//
you're reading...
Peristiwa

Lagi, kelompok bersenjata tembaki pos keamanan RI-PNG


Merdeka.com – Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Sulitsyo Pudjo, mengatakan pada Kamis pagi sekitar pukul 05.30 WIT pos keamanan di Skouw-Wutung perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Tadi pagi sekitar pukul 05.30 Wit terdapat beberapa orang Kelompok Kriminal Bersenjata yang melakukan penembakan dari tangki air yang berwarna biru ke arah pos keamanan di batas RI-PNG,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Sulitsyo Pudjo kepada pers di Jayapura, Kamis (17/4).

Seperti diberitakan Antara, menurut dia tembakan itu terhitung sebanyak lima kali letusan. “Tembakan tersebut terhitung lima kali, begitu selesai melakukan penembakan mereka lari ke arah hutan sebelah kanan,” katanya.

Mantan Wadir Intelkam Polda Papua itu menduga KKB itu dari kelompok Mathias Wenda yang selama ini beroperasi di perbatasan RI-PNG.

“Kita perkirakan dari kelompok Mathias Wenda. Jadi kelompok Mathias Wenda kita klarifikasikan sebagai KKB yang selama ini meresahkan masyarakat perbatasan,” katanya.

“Dan yang menjadi penyebab salah satunya ditutupnya pos lintas batas di Skouw-Wutung, karena mereka (KKB Mathias Wenda,red) mengganggu upaya-upaya kemajuan kegiatan perekonomian masyarakat PNG dan Indonesia di pos lintas batas,” tambahnya.

Kombes Pol Sulistyo juga sampaikan bahwa ketika mendengar bunyi tembakan sebanyak lima kali, beberapa saat kemudian aparat TNI/Polri yang bersiaga di sana langsung lakukan pengejaran. “Jadi setelah mereka lakukan penembakan mereka lari, dari pihak TNI/Polri berupaya mencoba untuk lakukan pengejaran tetapi karena kelompok itu masuk hutan, jadi kita hentikan,” katanya.

“Tetapi upaya-upaya untuk mencari, melokalisir untuk menghentikan gerakan mereka untuk lakukan gangguan terhadap perekonomian itu tetap dilakukan oleh Kepolisian. Tindakan itu untuk bisa kita halangi dan hambat gerak mereka mengganggu masyarakat baik PNG maupun Indonesia,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu (16/4) siang telah terjadi penembakan terhadap seorang pedagang di perbatasan Skouw-Wutung oleh KKB. Herry korban penembakan itu pada Kamis siang mengembuskan napas terakhir karena mengalami luka yang cukup parah.

“Herry, korban penembakan tadi siang telah dipanggil Yang Maha Kuasa,” kata Kabid Humas Polda Papua.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 346,967 hits
%d bloggers like this: