//
you're reading...
Life

Menghadapi Naik-turunnya Gairah Seks Setelah Masa Bulan Madu Berlalu


5-manfaat-kesehatan-bangun-pagiJakarta – Pada masa bulan madu, aktivitas seks sepertinya bisa dilakukan kapan saja diinginkan pasangan dan tak perlu usaha lebih. Setelah masa indah itu berlalu, kondisinya tidak sama lagi. Pasangan harus menghadapi libidonya yang kerap naik-turun karena berbagai hal. Seks spontan seperti saat bulan madu, bukan lagi hal yang mudah dilakukan.

Seperti dikutip ABC, riset membuktikan gairah bercinta yang naik-turun ini bukan hanya menjadi masalah wanita. Selama satu tahun, ada masanya pria juga merasakan hal serupa. Presentasenya, wanita 33,4% dan pria 15,5%.

Psikolog Nicky Ruscoe yang kerap memandu acara di ABC’s Health mengatakan, perubahan gairah seks ini terjadi setelah 18 bulan masa bulan madu. Gairah pasangan tidak lagi sejalan seperti dulu saat baru menikah yang sama-sama selalu merasa bergairah dan ingin bercinta.

Perbedaan gairah antara suami-istri ini jangan langsung dianggap ada masalah dalam pernikahan. Menurut Nicky, 90% pasangan pasti pernah menghadapi masa adanya perbedaan libido tersebut. Penyebab perbedaan gairah ini berbagai macam mulai dari stres, kelelahan, depresi, sakit atau karena mengonsumsi obat tertentu. Perubahan hormon juga mempengaruhi gairah, terutama pada wanita.

Saat perbedaan gairah ini terjadi yang sebaiknya dilakukan pasangan adalah bukan dengan saling menyalahkan. Jika salah satu pihak menyebut mereka yang mengalami penurunan libido sebagai ‘abnormal’, sikap tersebut justru bisa menghancurkan pernikahan. Cara terbaik yang sebaiknya dilakukan adalah kenali dan pahami kalau Anda dan suami adalah dua orang berbeda yang memiliki tingkat gairah berbeda juga. Pasangan juga sebaiknya saling memahami bahwa mereka merindukan keintiman dan bertanggungjawab mengatasi masalah perbedaan gairah tersebut.

Berikut ini saran lebih lanjut menghadapi masalah gairah seks yang berbeda di antara pasangan dari psikolog Phil McGraw:

– Kalau hubungan seksual Anda dan suami tidak sesuai dengan keinginan, stop mengeluh dan mulai katakan apa yang Anda mau. Tapi sebelum mengungkapkan apa yang Anda inginkan itu, coba identifikasi dulu apa kebutuhan Anda yang tak terpenuhi. Saat mengobrol dengan pasangan, coba katakan dengan lebih spesifik dan detail.

– Apakah Anda tahu apa yang pasangan mau? Kalau tidak cari tahulah. Mungkin Anda dan pasangan tidak terlalu berbeda jauh, seperti yang Anda pikirkan. Komunikasikan segala sesuatunya saat Anda dan pasangan tenang. Jangan saling menyalahkan dan bicaralah secara jujur.

– Membina hubungan berarti Anda harus siap bernegosiasi dan kompromi. Negosiasikan apa yang Anda dan pasangan memang saling sepakat. Kalau ternyata saat sudah dijalankan rencana itu tidak membuat Anda puas, duduk bersama dan negosisiakikan lagi. Yang perlu diingat, jarang ada pasangan punya level gairah bercinta sama. Jadi bernegosisasilah hingga menemukan jalan tengah yang sama-sama membahagiakan.

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 363,928 hits
%d bloggers like this: