//
you're reading...
Uncategorized

Siapa Hasyim Ning yang Rumahnya Jadi Tempat Pertemuan 5 Parpol Islam?


Hasyim ningJakarta – Rumah Hasyim Ning di Jl Cikini Raya No 24, Menteng, Jakarta Pusat, malam ini menjadi tempat pertemuan 5 parpol dan ormas Islam. Pertemuan ini penting dan melahirkan benih-benih koalisi. Siapa gerangan Hasyim Ning?

Semasa hidupnya, Hasyim Ning merupakan seorang pengusaha kaya raya. Pria bernama asli Masagus Nur Muhammad Hasyim Ning ini lahir di Nipah, Padang, Sumatera Barat, 22 Agustus 1916. Dia meninggal pada Desember 1995 pada usia 79 tahun. Dia merantau ke Jakarta sejak tahun 1937. Dua tahun kemudian, ia sudah ditunjuk sebagai perwakilan NV Velodrome Motorcars di Tanjung Karang, Lampung. Setelah itu, menjadi pemborong tambang batu bara di Tanjung Enim tahun 1941.

Hasyim Ning kembali lagi ke Pulau Jawa, menjadi administratur perkebunan teh dan kina di Cianjur ketika terjadi perang. Karena bercita-cita menjadi tentara walaupun tidak direstui orangtua, ia pun ikut mengangkat senjata di Cianjur, Bandung Selatan, pada tahun 1945. Lima tahun kemudian, ia pensiun dengan pangkat terakhir letnan kolonel.

Setelah pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Kolonel pada 1951, Hasyim berdagang mobil dan mendirikan Djakarta Motor Company. Setelah dua tahun, usaha itu berkembang menjadi usaha perakitan mobil yang pertama di Indonesia, Indonesian Service Station. Ia kemudian lebih dikenal sebagai pengusaha perakitan mobil, meskipun juga bergerak dalam berbagai bidang, seperti ekspor-impor, bank, biro perjalanan, pabrik kosmetik, dan konsultan rekayasa yang menyerap tidak kurang dari 3.000 karyawan.

Selain itu ia menjadi anggota dewan komisaris PT Jaya, Daha Motor, Jakarta Motor, Hotel Kemang, Asuransi Sriwijaya, PACTO, dan Central Commercial Bank. Pada tahun 1981, ia menjual 49% saham Bank Perniagaan Indonesia miliknya, kepada Mochtar Riady. Delapan tahun kemudian bank ini mengganti namanya menjadi Lippo Bank, dan melakukan merger dengan Bank Umum Asia.

Nah pertemuan tokoh dari 5 parpol dan ormas Islam tersebut digelar di rumah Hasyim Ning tak terlepas dari kedekatan sang istri, Ratna Maida Ning, dengan parpol Islam. Ratna Maida Ning adalah seorang aktivis dan pengusaha Indonesia. Rumah itu saat ini dihuni oleh Ratna.

Sebagai aktivis Islam, Ratna Maida giat di berbagai organisasi dan juga merupakan pendiri Komunitas Muslimah untuk Kajian Islam (KMKI). Selain itu Ratna Maida juga aktif sebagai Ketua Gerakan Muslimah Indonesia (GMI). Sayangnya Ratna tak bisa ditemui usai pertemuan tersebut.

Para tokoh yang hadir di acara tersebut pun memilih menjawab santai saat ditanya perihal tempat pertemuan penting tersebut. “Saya hanya diminta datang,” kata Ketua MPP PAN Amien Rais yang hadir di pertemuan penting ini. Dalam pertemuan penting ini Amien mengusulkan koalisi Indonesia Raya.

Pertemuan ini oleh belasan perwakilan dari parpol dan ormas Islam. Dari 5 Parpol Islam antara lain Ketua MPP PAN Amien Rais, Presiden PKS Anis Matta, Bendahara Umum PKB Bachruddin Nasori, Wakil Ketua Umum PPP Emron Pangkapi, dan perwakilan dari PBB.

Sebenarnya ada 23 tokoh yang diundang dalam pertemuan ini. Berikut daftar undangan pertemuan ini:

1. Prof. Dr. KH. Din Syamsuddin (Ketua MUI Pusat)
2. Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj (Ketua PBNU)
3. KH. Hasyim Muzadi (Dewan Pembina PBNU)
4. KH. Mustofa Bisri (Dewan Pembina PBNU)
5. KH. Salahuddin Wahid (Dewan Pembina PBNU)
6. Prof. Dr. KH. Didin Hafidhudhin (Ketua Dewan Syariah Nasional)
7. Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB)
8. Ir. Hatta Rajasa (Ketua Umum PAN)
9. Prof. Dr. Amien Rais, M.A (Ketua Dewan Syuro PAN)
10. Muhammad Anis Matta, Lc (Presiden PKS)
11. Drs. H. Suryadharma Ali, M.A (Ketua Umum PPP)
12. Dr. H. Hamzah Haz, M.A., Ph. D (Dewan Pembina PPP)
13. Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc (Ketua Umum PBB)
14. Rhoma Irama (Calon Presiden RI Fraksi PKB)
15. Prof. Dr. Muhammad Mahfud. MD (Calon Presiden RI Fraksi PKB)
16. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla (Ketua Dewan Masjid Indonesia)
17. H. Ahmad Heryawan, Lc (Calon Presiden RI Fraksi PKS)
18. Dr. Hidayat Nur Wahid (Calon Presiden RI Fraksi PKS)‎
19. KH. Muhammad Arifin Ilham (Pimpinan Majelis Azzikra)‎
20. KH. Abdullah Gymnastiar (Pimpinan Daarut Tauhid)
21. Ustadz Yusuf Mansur (Pimpinan PonPes PPPA Darul Qur’an)
22. Habib Rizieq Shihab (Imam Besar FPI)
23. Dr. Muhammad Syafii Antonio (Praktisi Ekonomi Islam)

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,954 hits
%d bloggers like this: