//
you're reading...
Berita

Bukan tokoh nasional, Jokowi tak pantas masuk dalam soal UN


bukan-tokoh-nasional-jokowi-tak-pantas-masuk-dalam-soal-unKeberadaan calon presiden yang diusung PDIP, Joko Widodo (Jokowi) dalam soal Ujian Nasional (UN) terus menuai kontroversi. Padahal, Jokowi sendiri bukanlah tokoh nasional untuk menjadi rujukan dalam buku sekolah, apalagi dalam bentuk soal ujian.

Hal ini diungkapkan oleh Dosen Ilmu Pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Agus Nuryatno. Sebab, pengalaman dan jabatan yang diemban Jokowi saat ini belum dapat dijadikan rujukan karena belum teruji sebagai tokoh nasional.

“Jokowi belum layak sebagai tokoh nasional, sehingga tidak tepat dirujuk sebagai tokoh panutan para siswa apalagi sampai keluar dalam soal UN. Jabatan dan pengalamannya saja baru menjadi Gubernur, itupun belum selesai. Jadi belum teruji sebagai tokoh nasional,” kata Agus dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (18/4).

Meski hanya tercantum dalam dua soal, namun Agus menyebut pelaksanaan UN kali ini tidak lepas dari muatan politis. Padahal, dunia pendidikan seharusnya netral dari seluruh gejolak politik praktis.

“Kasus ini menunjukkan dunia pendidikan tidak netral dari kepentingan politik praktis. Hal ini juga sekaligus menunjukkan lemahnya pengawasan internal Kemendikbud. Bagaimana mungkin soal ujian yang seharusnya untuk menguji kecerdasan anak bangsa tapi malah bermuatan politik,” tandasnya.

Menurutnya, soal tersebut dapat menggiring para pelajar sekaligus calon penerus bangsa akan terfragmentasi terhadap kelompok berbasis politik. Jika itu terjadi, maka perkembangan dunia pendidikan di Tanah Air tidak akan sehat.

“Kekeliruan ini harus dipertanggungjawabkan,” tegas pria yang juga pakar pendidikan ini.

Agus merasa heran dengan kemunculan nama Jokowi dalam lembar soal ujian, apalagi kisah yang dituangkan dalam cerita sangat menguntungkan mantan wali kota Solo tersebut. Kondisi itu pula dapat menggiring para siswa, sekaligus peserta ujian untuk memilihnya sebagai presiden.

“Disengaja atau tidak, Jokowi sangat diuntungkan oleh soal UN tersebut,” ungkap lulusan Fakultas Pendidikan, McGill University, Canada tersebut.

Seperti diberitakan, masyarakat geger dengan munculnya nama Jokowi lembar soal dalam Bahasa Indonesia, IPS dan Bahasa Inggris yang berlangsung pada 14-16 April lalu. Dalam soal itu, Jokowi disebut sebagai sosok yang jujur dan sederhana.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,775 hits
%d bloggers like this: