//
you're reading...
Berita Bola

Ronaldo cetak gol, Portugal pulang kampung


ronaldo-cetak-gol-portugal-pulang-kampungPortugal dan Ghana menjadi partai pertandingan terakhir Grup G Piala Dunia 2014. Kedua tim sama-sama memiliki catatan buruk pada dua partai awal, yakni sama-sama hanya satu kali seri dan satu kali menderita kekalahan. Akan tetapi Ghana sedikit lebih baik dalam masalah kebobolan ketimbang Portugal.

Namun Portugal tampil lebih dominan dan pada menit 19 Cristiano Ronaldo hampir membuka keunggulan. Di awali umpan Joao Pereira dari sayap kanan, Ronaldo yang bebas melakukan heading bola ke gawang belum mampu menjadikannya sebuah gol. Bola masih bisa ditepis Fatau Dauda.

Giliran Ghana sekarang, menerima tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Portugal yang di arahkan ke tiang jauh, Asamoah Gyan berhasil meloloskan diri dari penjagaan dan menyundul bola. Sayang sundulannya tersebut masih lemah.

Menit 30 Portugal berhasil mencuri keunggulan lebih dulu lewat bunuh diri pemain bertahan Ghana, John Boye. Umpan Miguel Veloso dari sisi kiri gagal disapu bersih dengan sempurna oleh Boye. Alih-alih bola dibuang ke depan justru malah masuk ke gawang.

Pada pertandingan ini Ghana tak algi diperkuat oleh pemain andalan mereka Kevin Prince Boateng dan Sulley Muntari yang dipulangkan oleh sang pelatih. Kedua pemain terlibat permasalahan indisipliner sehingga harus dicoret langsung oleh sang pelatih, James Kwesi Appiah.

Kembali ke pertandingan. Ghana yang dalam keadaan tertinggal mencoba melepas dari tekanan. Christian Atsu yang mampu melewati Pereira dan berhasil masuk ke kotak penalti dan kemudian melakukan tendangan melengkung ke arah gawang. Tetapi tendangannya belum juga berbuah manis di menit 39.

Sampai peluit tanda turun minum berbunyi tak ada lagi gol yang tercipta. Dengan demikian sementara Portugal unggul 1-0 atas Ghana.

Tertinggal satu gol di babak pertama membuat Ghana lebih berinisiatif menyerang. Menit 50 Asamoah Gyan mencoba keberuntungan lewat tendangan dari luar kotak penalti. Namun sama sekali belum menghasilkan apapun. Tak sampai 10 menit kemudian atau pada menit ke 57, Gyan kembali menjadi mimpi buruk Portugal. Umpan melambung Kwadwo Asamoah dari sayap kiri berhasil diteruskan melalui tandukan dan tak mampu dihalau Beto. Kedudukan pun berubah imbang 1-1.

Gyan belum mau berhenti menghantui lini belakang Portugal setelah umpan dari sayap kirinya hampir berbuah menjadi gol kalau saja sundulan Majeed Waris bisa menjadi gol.

10 menit jelang bubar Ghana terpaksa harus kebobolan setelah kiper mereka Fatau Dauda melakukan blunder. Dauda tidak berhasil menangkap bola dengan sempurna sehingga bola terlepas dari genggaman Dauda yang mengarah ke Ronaldo. Tak banyak pikir Ronaldo langsung ceploskan bola ke gawang.

Di sisa waktu babak kedua Portugal terus mengejar gol demi mengejar defisit selisih gol. Akan tetapi usaha anak asuh Paulo Bento belum juga berhasil. Hasilnya kedudukan tetap 2-1 dengan keunggulan Portugal. Walaupun menang, Ronaldo dkk tetap harus pulang kampung karena kalah selisih gol dari Amerika, yang juga kalah dari Jerman di pertandingan lain.

Berikut data dan fakta Portugal vs Ghana:

Susunan pemain
Portugal (4-2-3-1): Beto, Joao Pereira (Silvestre Varela 62′), Bruno Alves, Pepe, Miguel Veloso, Joao Coutinho, Willia, Carvalho, Ruben Amorim, Nani, Cristiano Ronaldo (k), Eder (Vieirinha 69′).
Pelatih: Paulo Bento.

Ghana (4-2-3-1): Fatau Dauda, Harrison Afful, John Boye, Jonathan Mensah, Kwadwo Asamoah, Emmanuel Badu, Mohammed Rabiu (Afriyie Acquah 76′), Christian Atsu, Majeed Waris (Jordan Ayew 71′), Andre Ayew (Mubarak Wakaso 82′), Asamoah Gyan.
Pelatih: James Kwesi Appiah.

Skor: 2-1
Gol: (OG)John Boye 30′, Cristiano Ronaldo 80′ – Asamoah Gyan 57′
Tendangan ke gawang: 6-3
Penguasaan bola: 58-42 persen
Pelanggaran: 19-16
Offside: 0-4
Kartu Kuning: Harrison Afful, Majeed Waris
Stadion: Nacional Mane Garrincha, Brasilia
Wasit: Nawaf Shukralla (Bahrain)

Advertisements

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 346,834 hits
%d bloggers like this: