//
you're reading...
Berita

Soekarno pernah nasionalisasi pabrik Coca Cola di Jakarta


soekarno-pernah-nasionalisasi-pabrik-coca-cola-di-jakartaPresiden Soekarno memilah dan memilih modal asing yang masuk ke Indonesia. Modal asing dari Belanda ditolak tanpa kompromi saat itu.

“Ada modal asing yang betul-betul tidak disukai Soekarno karena program politiknya. Salah satunya Belanda, perusahaan coca-cola diambil Indonesia saat itu disuruh pimpin oleh Suhardiman yang berpangkat Letkol,” kata penulis buku Ekonomi Berdikari Sukarno Amirudin Al Rahab di Wisma Proklamasi, Jl Proklamasi Jakarta, Kamis (26/6) .

Dia mengungkapkan Sukarno saat itu terbuka kepada modal dari Amerika dan Inggris. Namun, pembagian hasil dengan perusahaan asing adalah 60 persen untuk Indonesia dan 40 persen untuk asing.

“Soekarno kepada modal asing Amerika dan inggris boleh di kasih perkebunan dan minyak bumi. Tapi dengan pembagian 60:40 dengan negosiator Juanda,” terang dia.

Selain itu, Soekarno pun tak lupa membangun industri pertahanan. Strategi melunak dengan modal asing tapi dipecah-pecah ini salah satu strategi Soekarno mengawal modal asing di Indonesia.

“Waktu itu Soekarno juga membangun proyek senjata dengan aktor Nasution dengan Rusia. Itu semua cara sukarno mengendalikan modal-modal itu,” pungkas dia.

About Made Sumitre

Saya hanya menulis dan membagikan apa yang sudah pernah saya baca.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

header

Timnas Indonesia Tim Sepakbola Nasional Indonesia mengenakan kostum baru yang diluncurkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.... Baca selengkapnya »

Anak Indonesia jadi siswa terbaik sekolah MU Anak Indonesia dari pasangan perkawinan campur, Jack Brown (11),.... Baca selengkapnya »

Timnas AFF Kuartet pemain Indonesia yang bermain di klub CS Vise di Divisi II Liga Belgia, yakni Syamsir Alam.... Baca selengkapnya »

TImnas IndonesiaPelatih Timnas PSSI, Nil Maizar, mengaku telah menemukan bentuk permainan timnas… Baca selengkapnya »

Blog Stats

  • 328,775 hits
%d bloggers like this: